Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifInsightKabar Kreatif

Heboh! Facebook Ciptakan Mata Uang Baru

Indiekraf.com – Sebagai salah satu perusahaan terbesar di dunia, Facebook tak berhenti untuk melakukan inovasi di dunia digital. Saat ini, perusahaan dari Amerika tersebut dikabarkan telah mengembangkan sebuah mata uang kripto bernama Diem. Mata uang baru tersebut rencananya akan segera dirilis pada bulan Januari tahun depan.

Sebelumnya, Facebook telah mengembangan mata uang kripto bernama Libra. Namun, mata uang tersebut tidak bisa dirilis karena terganjal berbagai peraturan dari sejumlah negara di Eropa dan Amerika. Beberapa negara beranggapan bahwa Libra berpotensi untuk mengganggu stabilitas keuangan, privasi, hingga melakukan kendali atas kebijakan moneter.

Baca juga Terus Berjuang “Melawan” Amerika, CEO TikTok Minta Bantuan Instagram & Facebook

Oleh karena itu, Facebook mencoba untuk melakukan rebranding Libra menjadi Diem. Mata uang kripto tersebut dikelola oleh Diem Association yang bermarkas di Jenewa, Swiss. Adanya rebranding tersebut bertujuan untuk mendapatkan persetujuan dari regulator beberapa negara yang menentang adanya Libra. Dikutip dari liputan6.com, CEO Diem Association, Stuart levey optimis jika Diem akan mampu diterima karena hal ini merupakan bagian dari langkah asosiasi struktur yang lebih sederhana daripada sebelumnya. “Nama asli dengan iterasi awal proyek mendapat bantuan yang kurang dari regulator. Kami pun mengubah preposisi itu,” ujarnya.

Baca juga 6 Tanda Yang Menunjukkan Bahwa Manajemen Keuanganmu Buruk, Yuk Segera Hindari!

Diem berasal dari bahasa latin yang berarti ‘day’atau ‘hari’. Mata uang kripto tersebut merupakan sebuah koin digital yang didukung oleh dolar. Belum ada informasi lengkap mengenai kapan mata uang tersebut akan dirilis. Namun, Diem akan segera diluncurkan ketika sudah mendapatkan persetujuan dari pengawas pasar Swiss.

Mata uang kripto ini juga memiliki fokus pada aspek yang menjadi perhatian regulator di berbagai negara seperti sanksi kontrol dan kejahatan keuangan. Proyek tersebut akan mengembangkan kebijakan anti pencucian uang, terorisme, dan restitusi. Karena bersifat sangat krusial dalam perkembangan ekonomi dunia, mereka menyatakan jika tak semua pihak bisa bergabung dengan jaringan Diem.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Demi Dapat Persetujuan, Mata Uang Digital Facebook Libra Berubah Jadi Diem

Related Articles