Industri KreatifKabar KreatifKuliner

Ingin Tahu Jenang yang Berhasil Menembus Pasar Internasional? Yuk Simak Kisahnya!

Indiekraf.com – Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia memang sudah banyak mengalami kemajuan. Berbagai sektor industri maupun ekonomi kreatif dari UKM saling berlomba unjuk gigi. Salah satu pelaku UKM yang terbukti sukses membawa produknya ke ranah internasional adalah Jenang 33!

Untuk anda warga Kudus, Jawa Tengah mungkin sudah tak asing lagi dengan nama Jenang 33. Meskipun terbilang hanya sebuah industri makanan tradisional, namun Jenang Sinar 33 sudah mampu dibilang ‘legend’ lho. Jenang sendiri adalah sebuah makanan yang mirip dengan dodol. Ternyata, bisnis Jenang 33 ini sudah bertahan cukup lama yaitu berdiri sejak tahun 1910 an. Hingga saat ini, mungkin sudah terhitung 3 generasi keluarga yang ikut andil dalam keberlangsungan bisnis ini. 

Baca Juga Murah dan Hemat! Berikut 5 Tips Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial

Berkolaborasi dengan Go-Life, Thisable Enterprise Buka Kesempatan Para Difabel Masuki Dunia Kerja

Pada awalnya pasangan Haji Mabruri dengan Hajah Alawiyah merintis usahanya di daerah Desa Kaliputu. Kini bisnis tersebut sudah dilanjutkan ke generasi selanjutnya melalui PT. Mubarokfood Cipta Delicia. Toko Sinar 33 sendiri merupakan pusat penjualan dari Jenang 33 ini. Meskipun Jenang merupakan makanan tradisional, namun saat ini jenis makanan ini sudah memiliki jenis varian rasa. Misalnya, pada Jenang 33 terdapat jenis varian rasa seperti durian, susu, cappuccino, mocca, anggur dan lainnya. 

Toko Sinar 33 terletak di Jalan Sunan Muria No. 33, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Toko ini buka mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore. Bisnis ini juga tak selalu mengalami perkara mudah. Banyak juga rintangan bisnis ini demi bisa menembus pasar global. Pihak mereka mengakui bahwa salah satu kesulitan yang harus dihadapi adalah merombak konsep makanan Jenang itu sendiri. 

Pada akhirnya mereka merombak konsepnya dengan menerbitkan berbagai macam varian rasa. Dengan segala upaya untuk meyakinkan karyawannya terlebih dahulu, akhirnya mereka berhasil melakukan proses produksi. Segala kerja keras dan usaha akhirnya membuahkan hasil. Hingga saat ini, terhitung Jenang 33 Kudus sudah memiliki pasar hingga ke China, Chinatown Amerika hingga Taiwan.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button