Digital KreatifIndustri Kreatif

Ini Plusnya Mata Uang Kripto Yang Kini Hype

Indiekraf.com-Ditengah begitu cepatnya perkembangan internet, banyak semua bidang berpindah ke arah digital, termasuk bidang keuangan. Salah satu yang paling populer yaitu Cryptocurrency atau disebut juga aset kripto.

Cryptocurrency

Masyarakat banyak yang belum tahu apa itu Cryptocurrenc, Cryptocurrency sendiri merupakan mata uang kripto yang berwujud digital dan hanya dapat digunakan bertransaksi dalam dunia digital saja. Cryptocurrency pada dasarnya berasal dari dua kata yaitu cryptography yang artinya kode rahasia dan currency yang artinya mata uang.

Di Indonesia sendiri istilah mata uang kripto belum dilegalkan sebagai alat pembayaran yang sah, hal itu sesuai surat Sesuai Surat Menko Perekonomian Nomor S-302/M.EKON/09/2018 tanggal 24 September 2018 perihal Tindak lanjut Pelaksanaan Rakor Pengaturan Aset Kripto (Crypto Asset) Sebagai Komoditi yang Diperdagangkan di Bursa Berjangka.

Keunggulan

Meski belum menjadi  mata uang kripto belum dilegalkan di Indonesia, namun bukan berarti tidak ada keunggulan.

Baca juga:

Proses transaksi mudah

Cryptocurrency menawarkan proses transaksi yang begitu mudah bagi investornya. Hal ini karena sistem yang digunakan telah terdesentralisasi sehingga titik lemah yang dimiliki perbnkan bisa dipungkas habis oleh Cryptocurrenc.

Jika selama ini proses transasksi harus melalui perantara perbankan, namun melalui Cryptocurrency konsumen tak perlu susah-susah, karena bisa langsung mengakses Cryptocurrency, adapun sistem pembayaran dari Cryptocurrency yaitu menggunakan PayPal .

Transparan

Aktivitas dalam bertransaksi Cryptocurrency  ini bersifat transparan, semua transaksi akan tercatat dengan jelas dalam ledger terbuka atau blockchain. Dengan demikian, penggna bisa mengakses data tersebut kapan saja mereka menginginkannya. Tentunya ini bisa mengurangi tingkat korupsi karena semua bisa terlihat secara transparan.

Semua data yang telah masuk dalam blockchain tidak dapat diubah secara sembarangan, sehingga keamanannya relatif terjamin. Cryptocurrency juga memiliki sifat open source  sehingga memungkinkan pengguna untuk lebih mandiri dan mendapatkan peluang besar dalam mengakses keuangan.

Transaksi yang mudah

Aset kripto bisa diakses kapan saja dan dimana saja selama 24/7 dan tidak lagi membutuhkan bantuan perbankan untuk mengaksesnya. Anda bisa megakses mata uang kripto dimana saja dan sesuka hati anda.

Dari beberapa kelebihan diatas, banyak investor yang mengincarnya, apalgi dengan keuntungan yang sangat menjanjikan dan tentunya proses transaksinya tidak sesulit konvensional.

Related Articles