Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri Kreatif

Instagram Sembunyikan Jumlah Like, Bisa Diubah Sendiri Lho

Indiekraf.com – Ada kabar baru dari media sosial ‘sejuta umat’, Instagram. Mereka dikabarkan akan merilis fitur terbaru terkait jumlah like dari suatu akun. Instagram sembunyikan jumlah like nya dalam fitur terbaru ini. Lebih kerennya lagi, pengguna bisa mengaktifkan fitur ini sendiri.

Instagram Sembunyikan Jumlah Like, Bisa Diubah Sendiri Lho
Sumber : @erik_lucatero on Unsplash

Instagram Sembunyikan Jumlah Like, Fiturnya Bisa Diubah Sendiri!

Dalam fitur terbaru Instagram, pengguna dimungkinkan bisa menyembunyikan jumlah ‘like’ pada suatu unggahan. Hal ini berlaku pada unggahan pengguna itu sendiri maupun akun orang lain. Selain itu, fitur ini bisa diatur secara manual oleh sang pengguna. Dengan begitu, pengguna bisa dengan mudah memilih akun mana yang bisa ia lihat jumlah like nya maupun yang tidak.

Perilisan fitur ini masih dalam tahapan uji coba. Uji coba ini juga dilakukan di beberapa negara dalam bentuk ‘tes’ sebelum perilisan. Jikalau respon dari para pengguna Instagram terlihat positif, maka fitur ini akan segera diluncurkan di seluruh dunia.

Alasan Adanya Fitur Instagram Sembunyikan Jumlah Like

Bukan tanpa alasan, Instagram sembunyikan jumlah like karena adanya beberapa masalah yang dirasakan pengguna terkait jumlah ‘suka’ tersebut. Tak bisa dipungkiri, jumlah like memang bisa menjadi tolak ukur dalam popularitas dalam suatu konten. 

Akan tetapi, Instagram berusaha untuk menurunkan keresahan dan rasa tekanan yang bisa didapatkan pengguna mengenai jumlah like yang diterima. Hal ini dikonfirmasi oleh juru bicara Facebook. “Pada 2019, kami mulai menyembunyikan hitungan (like) pada sekelompok kecil orang, agar dapat memahami apakah langkah ini mengurangi tekanan ketika mengunggah konten ke Instagram,” terang mereka. Dengan alasan itulah platform media sosial ini berusaha melakukan perubahan pada fitur ‘like’.

Akan Ada 3 Pilihan yang Bisa Dipilih Pengguna

Fitur terbaru dari Instagram ini rencananya akan terdiri dari tiga pilihan. Pengguna bisa memilih salah satu dari ketiga pilihan tersebut untuk diterapkan di akun Instagramnya. Pilihan pertama adalah ‘menyembunyikan jumlah like pada unggahan sendiri. Pilihan kedua adalah ‘menyembunyikan jumlah like pada unggahan akun lain’. Selain itu, pilihan ketiga adalah memperlihatkan jumlah ‘suka’ seperti pada versi sebelumnya.

Meskipun sebenarnya fitur menyembunyikan jumlah suka ini sudah ada sejak 2019 lalu, pihak Instagram tetap melakukan inovasi. Menurut mereka, media sosial harus membuat pengguna memiliki keleluasaan dalam menggunakan platform media sosial.

Baca Juga Ini nih Fitur Baru Instagram, Bisa Ganti Logo ‘Jadul’ Juga!

Related Articles