Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifKabar KreatifOpini Kreatif

Instagram Siapkan Fitur Exclusive Stories, Apa Itu?

Indiekraf.com – Beberapa platform media sosial terus berusaha meningkatkan kualitas fitur mereka agar lebih disukai oleh penggunannya. Seperti yang telah dilakukan oleh Instagram. Setelah berhasil merilis fitur Instagram music dan Reels, kini platform dibawah naungan Facebook tersebut telah mempersiapkan fitur baru yang mereka sebut Exclusive Stories. Apa itu?

Exclusive Stories adalah sebuah fitur yang bisa digunakan oleh para konten kreator untuk mendapatkan penghasilan. Dengan menggunakan fitur ini, konten kreator dapat mewajibkan para pengikutnya untuk membayar agar dapat mengakses konten tersebut.

Baca juga Segera Rilis Layanan Berbayar, Berikut Penjelasan Twitter Blue

Dikutip dari CNNIndonesia.com, informasi mengenai fitur Exclusive Stories ini dibocorkan oleh Alessandro Paluzzi, seseorang yang kerap memberikan informasi pengembangan fitur baru Instagram dengan membongkar kode pengembangan aplikasi tersebut. Tampilan user interface dari fitur tersebut juga bahkan telah ramai dibicarakan di Twitter.

Baca juga Facebook dan Instagram Bakal Beri Bonus Bagi Kreator Yang Rajin Siaran Live, Berminat?

Menurut keterangan di akun Twitter @alex193a memperlihatkan bahwa meskipun kita sudah membayar untuk dapat menikmati konten yang diberikan, kita tidak bisa melakukan screenshot terhadap konten tersebut. Akan tetapi, para konten kreator dapat menyimpan stories mereka melalui highlight, sehingga konten eksklusif tersebut masih bisa dinikmati oleh followers yang baru saja bergabung.

Salah satu tujuan dengan adanya fitur Exclusive Stories ini adalah sebagai penambah cara monetisasi para konten kreator di Instagram. Dengan begitu, mereka dapat lebih bersemangat dalam membuat konten yang lebih kreatif dan inovatif. Namun, hingga berita ini diterbitkan, masih belum ada informasi atau penyataan resmi dari pihak Instagram mengenai fitur tersebut.

Seperti yang kita ketahui, fitur Exclusive Stories hampir sama seperti fitur Super Follow yang ada di Twitter dimana para konten kreator dapat mewajibkan para pengikutnya untuk membayar agar dapat melihat konten yang telah mereka buat. Lalu, apakah fitur berbayar ini akan dapat berhasil diterapkan? Bagaimana menurut kamu?

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Instagram Siap-siap Bikin Konten Berbayar

Related Articles