Kabar Kreatif

Jamu Indonesia Maju Menjadi Warisan Budaya Tak Benda UNESCO

Indiekraf.com – Dewasa ini, rasanya sudah tak begitu sering kita mendengar kata jamu. Minuman tradisional ini memang punya banyak jenis. Cita rasa unik yang ada pada minuman tersebut jadi daya tarik tersendiri. Tak sedikit masyarakat yang ternyata suka dengan rasa dari jamu Indonesia. Tahukah kamu bahwa saat ini minuman tersebut tengah diajukan menjadi warisan budaya tak benda di UNESCO?

Jamu Indonesia Maju Menjadi Warisan Budaya Tak Benda UNESCO

Kabar baik datang dari Tanah Air. Salah satu menu minuman tradisional kita kembali menarik perhatian. Jamu Indonesia kini baru saja diajukan untuk menjadi warisan budaya tak benda di UNESCO 2022. Minuman tradisional ini memang sudah dikenal memiliki cita rasa yang unik hingga segudang manfaat.

Tak hanya satu, sebenarnya jamu memiliki banyak jenis. Meski sudah terkenal sejak lama, saat ini menemukan jamu tidak semudah dulu. Tetapi hal itu tak membuat masyarakat lupa dengan minuman yang satu ini. Beberapa jenis jamu yang mungkin kamu ketahui antara lain kunyit asam, temulawak, hingga beras kencur.

Melibatkan Berbagai Pihak dalam Pengajuannya

Menjadi salah satu warisan kebudayaan Indonesia, tentunya jamu layak untuk maju ke UNESCO 2022. Hal ini karena jamu memang sudah dikenal turun temurun sebagai minuman yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Jamu Indonesia pun akhirnya maju bersama dengan enam warisan budaya tak benda lainnya.

Mereka diajukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Prosesnya pun sudah dilakukan sejak bulan Februari lalu. Minuman ini pun dinilai layak untuk menjadi warisan budaya tak benda. Tim Kerja Nominasi Budaya Sehat Jamu bersama dengan Gabungan Pengusaha Jamu turut serta dalam proses ini. Mereka menyerahkan dokumen nominasi Warisan Budaya Tak Benda secara resmi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 13 Maret 2022 lalu. Dokumen tersebut termasuk foto, video dokumenter sampai dengan hasil riset terkait dengan minuman tersebut.

Baca Juga Tempe Didaftarkan Jadi Warisan Kuliner Budaya UNESCO!

Barbie Butet Manurung Jadi Perwakilan Indonesia di Barbie Role Model

Related Articles