Industri KreatifKabar KreatifMusik

JKT48 Terpaksa Restrukturisasi, Begini Tanggapan Anggotanya

Indiekraf.com – JKT48 terpaksa harus melakukan pengurangan member anggotanya karena imbas dari dampak pandemi Covid-19. Restrukturisasi tersebut tak hanya menimpa para member, namun juga menimpa para staff yang bekerja disana. Keputusan tersebut tentunya memberikan kesedihan bagi para fansnya.

Restrukturisasi ini dilakukan sebagai upaya agar JKT48 masih tetap bertahan di industri entertainment Indonesia. Dikutip dari website resminya, pihak agency terpaksa memutuskan hal tersebut karena pandemi Covid-19 yang membuat banyak show sulit untuk dijalankan. Sehingga, membuat masalah financial sedikit terganggu.

Baca juga Konser Online Gratis Ini Pecahkan Rekor Penonton Terbanyak! Seperti apa ya?

“Seperti yang telah diumumkan pada 10 November yang lalu, oleh karena efek pandemi COVID-19 di Indonesia, sejak pertengahan bulan Maret 2020 hingga saat ini kegiatan JKT48 menjadi sangat sulit untuk dijalankan. Di akhir tahun lalu tim manajemen dan para stakeholder telah melakukan diskusi terus-menerus untuk memikirkan cara agar JKT48 tidak bubar,” tulis mereka.

Pihak manajemen menjelaskan bahwa langkah restrukturisasi adalah satu-satunya cara yang bisa dilakukan saat ini. Pihak manajemen telah melakukan perubahan skala besar dalam grup yang telah berdiri sejak tahun 2011 tersebut. “Oleh karena itu, kami akan meluluskan para member yang akan berpisah dari grup ini dalam event ‘Upacara Kelulusan Khusus JKT48’. Event ini akan dilaksanakan pada akhir bulan Februari,” tambah mereka.

Baca juga Kenapa Artis Korea Selatan Semakin Mendominasi Dunia Hiburan di Indonesia?

Amanina Afiqah adalah salah satu member dari JKT48 yang terpaksa harus ‘diluluskan’ akibat adanya keputusan dari pihak manajemen. Mantan bintang iklan biskuit yang sempat viral pada tahun 2012 tersebut menyampaikan kesedihanya melalui akun Twitter pribadinya @A_AfiqahJKT48. Dalam unggahanya tersebut, Ia merasa kaget karena dirinya terpilih dalam daftar member yang harus meninggalkan grup tersebut.

Meski begitu, Afiqah tidak putus asa begitu saja. “Aku tidak akan mengatakan perjuanganku disini sia-sia, that’s a big no. Perjuanganku bukan sampai disini saja, karena aku akan lanjut berjuang lagi diluar sana. Dan disini pun aku tau, Tuhan selalu memberikan jalan yang terbaik. Mungkin saja potensiku diluar sana lebih tinggi dan bisa menjadi lebih sukses, dan aku juga bersyukur karena telah menjadi bagian dari JKT48. Toh kita tidak pernah tau takdir kedepannya seperti apa dan kita hanya menjalaninya. Even sometimes we have a bad days but don’t forget untuk selalu bersyukur okie?,” tulis Afiqa dalam akun Twitternya.

Referensi

[1] Pengumuman Mengenai Restrukturisasi JKT48

Related Articles