Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifFesyenIndustri KreatifInsightKabar KreatifMusikOpini KreatifTelevisi dan Radio

Kenapa Artis Korea Selatan Semakin Mendominasi Dunia Hiburan di Indonesia?

Indiekraf.com – Fenomena idol atau artis Korea Selatan semakin mendominasi dunia hiburan Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya perusahaan yang melakukan kerjasama dengan mereka untuk melakukan kegiatan marketing. Artis yang dipilih pun beragam, mulai dari grup musik K-Pop, boygroup, girlgroup, hingga pemain drakor.

Tak jarang lagi para artis dari negeri ginseng tersebut muncul di dunia hiburan Indonesia, mulai dari stasiun televisi, hingga media sosial. Bahkan ada beberapa artis yang sengaja untuk belajar berbahasa Indonesia. Hal ini menimbulkan pertanyaan, mengapa banyak perusahaan atau ahensi dalam negeri yang melakukan kerjasama dengan artis Korea Selatan? Apakah memiliki pengaruh yang besar bagi perkembangan ekonomi di Indonesia?

Baca juga 5 Rekomendasi Drama Korea yang Bertema Industri Kreatif, Ada Yang Lagi Digandrungi Warganet

Tokopedia adalah salah satu contoh perusahaan dalam negeri yang melakukan kerjasama dengan artis Korea Selatan. Tak tanggung-tanggung, e-commerce asal Indonesia tersebut langsung menggandeng boygroup K-Pop paling fenomenal di dunia yaitu BTS. Tokopedia memilih BTS untuk menjadi brand ambassador untuk membantu mempromosikan layanan mereka dan bersaing dengan para kompetitornya.

Dikutip dari Bisnis.com, Pakar Marketing Yuswohady, menyampaikan bahwa posisi artis Korea Selatan sekarang bisa dibilang sejajar dengan para artis asal Eropa atau Amerika. “Kita sudah lihat 10 tahun terakhir, musik Korea mulai sejajar dengan musik asal Barat. Kedekatan Korea dengan kita sebagai sesama orang Asia mempercepat proses ini,” ujarnya.

Baca juga Industri Game Korea Selatan Terbesar Keempat di Dunia

Menjadikan artis luar negeri sebagai brand ambassador sebuah perusahaan bukanlah hal baru dalam strategi marketing di perusahaan dalam negeri. Yuswohady menyatakan bahwa banyak perusahaan dalam negeri yang melakukan kerjasama dengan artis Korea Selatan karena tingginya pangsa pasar pecinta Korea Selatan di Indonesia. Hal ini dimanfaatkan untuk memperluas jangkauan dan awarness dari produk perusahaan tersebut.

Selain itu, Yuswohady meyakini bahwa sebagai masyarakat Asia, Korea Selatan memiliki keterkaitan yang erat antara tradisi dan budaya dengan sesama negara Asia. Sehingga, lebih memudahkan masyarakat Indonesia untuk menikmati dan ‘menjiwai’ konten mereka daripada dari negara Eropa atau Amerika. Terlepas dari keuntungan geografis, Korea Selatan juga dinilai telah berhasil dalam memajukan industri dunia hiburan mereka ke tingkat internasional. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya artis mereka seperti BTS dan BLACKPINK yang telah memperoleh beberapa penghargaan paling bergengsi di dunia.

Penulis: Achmad Faridul Himam

[1] Promosi Produk, Indonesia Ramai Pakai Ikon Artis Korea Selatan

Related Articles