Industri KreatifInsightKabar KreatifOpini Kreatif

John Maynard Keynes: Indonesia Bisa Bebas Resesi Asal…

Indiekraf.com – Indonesia resmi mengalami resesi setelah Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan bahwa Produk Domestik Bruto (PDB) pada kuartal III tahun 2020 mengalami kontraksi sebesar 3,49%. Melihat hal tersebut, perlu adanya langkah serius untuk meningkatkan keadaan perekonomian menjadi lebih baik lagi. Salah satu hal yang bisa dilakukan akan rajin berbelanja.

John Maynard Keynes, seorang ekonom dari Inggris berpendapat jika masyarakat kelas menengah terlalu berhemat dalam situasi resesi seperti ini, maka perekonomian nasional bisa jatuh pada depresi. Dikutip dari finance.detik.com, Sekretaris Eksekutif I Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (Komite PC-PEN), Raden Pardede, menghimbau agar masyarakat kelas menengah untuk tidak terlalu berhemat.

Baca juga Dipastikan Resesi! Berikut Cara Efektif Menyelamatkan Industri Kreatif di Indonesia

“Jadi, kami imbau kelompok kelas menengah atas ini jangan terlalu berhemat, bahaya. Bersikap lah rasional dan dengan mematuhi protokol kesehatan aktivitas belanja dan wisata bisa dilakukan kok,” ujar Raden Pardede.

Hal tersebut dihimbau karena Ia telah melihat bahwa data jumlah tabungan masyarakat kelas menengah ke atas di Indonesia tumbuh pesat hingga hampir Rp300 triliun. Namun, data jumlah kredit menurun. “Itu karena mereka tidak berbelanja barang konsumsi maupun berinvestasi. Mereka sepertinya menunggu sampai pandemi bisa diatasi,” ujarnya.

Baca juga Kemenparekraf: Aplikasi dan Gim Punya Peran Besar Bangkitkan Perekonomian Nasional

Namun, Mantan konsultan Bank Dunia dan Asia Development Bank itu juga beranggapan bahwa masyarakat kelas menengah keatas akan mulai berani ‘menghamburkan uangnya’ sesegera mungkin. Melihat kecenderungan kedepanya, mereka akan mulai berani keluar rumah dan berbelanja, apalagi ketika vaksin covid-19 sudah ditemukan dan sudah teruji secara klinis.

Sejalan dengan pendapat Raden Pardede, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak pelit dalam berbelanja di masa resesi seperti sekarang. Dalam akun instagram pribadinya, Ia memposting foto yang menampilkan istrinya sedang berbelanja. “Selamat Hari Senin untuk semua, Jangan lupa perbanyak belanja belanja. Khususnya di UKM dan warung kecil,” tulis Ridwan Kamil.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Pulihkan Resesi, Kelas Menengah Jangan Pelit Belanja

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button