Industri KreatifKuliner

Kalau Ke Malang Cobalah 3 Kuliner Legenda Ini, Bisa Jadi Ketagihan Lho

Indiekraf.com-Malang tak hanya menyimpan begitu banyak sekali tempat wisata alam maupun buatan, namun juga menyimpan begitu banyak tempat kuliner yang menyajikan hidangan nikmat, dan juga unik dan tentunya sayang untuk dilewatkan. Berikut tiga kuliner versi  indiekraf.com yang mungkin bisa jadi referensi anda jika anda berkunjung ke Malang.

1.Bakso Presiden

bakso presiden (photo: tribunnews.com)

Bagi wisatwan ataupun pelancong yang baru berkunjung ke Kota Malang, kuliner Bakso tentulah yang paling banyak dicari.salah satu bakso yang wajib dikunjungi adalah bakso Presiden. Kedai bakso ini terletak di jalan batanghari nomor 5 kota Malang, atau lebih tepatnya berada di pinggir rel kereta api.

Di tempat kuliner ini, kamu bisa menikmati aneka olahan bakso khas Malang yang rasanya sudah pasti autentik. Ada bakso bakar yang diolah dengan bumbu yang khas, lalu ada bakso dengan jeroan, dan bakso original yang rasanya akan membuat anda ketagihan. Apalagi ditambah dengan sensasi makan bakso presiden di pinggir jalan sambil menunggu kereta api lewat.

Kedai ini cukup ramai, sehingga disarankan untuk datang lebih awal, jam 10 atau jam 11 pagi adalah waktu yang cocok untuk bisa menikmati bakso Presiden  ini. Kisaran harga bakso Presiden ini mulai 10 ribu rupiah hingga 25 ribu rupiah.

2.Hok Lay

Kedai Hok lay dan kuliner yang ada dalam kedai (photo: anekatempatwisata.com)

Setelah menikmati kuliner bakso, tak lengkap jika tak mampir ke Jalan K.H Ahmad Dahlan nomor 10, disini ada sebuah kedai makan tradisional dan juga legendaris. Dibuka pertama kali pada tahun 1946, Hok Lay menyajikan tiga makanan yang menjadi ciri khasnya yakni Cwiemie yang diolah dengan sangat presisi. Rasa kuah olahan mie ini sangat gurih dan mie yang digunakan juga sangat lembut.

Baca juga:

Lalu ada Lumpia khas Hok Lay yang rasanya tidak perlu diragukan lagi. Satu porsi lumpia berisi dua dua lumpia goreng dengan isian ayam dan rebung yang tidak mengeluarkan bau.

Kemudian ada minuman bernama fosco. Minuman ini dibuat dengan sangat tradisional dan selalu berganti setiap hari. Campuran susu dan cokelat yang ada pada fosco akan membuat cwie mie dan lumpia yang anda santap menjadi lebih sempurna.

3.Ronde Titoni

ronde Titoni (photo: anekatempatwisata.com)

Setelah membahas aneka kuliner mie dan juga bakso, saat nya kini anda menikmati suguhan ringan yang cocok untuk udara malang yang cukup dingin saat malam, adalah ronde Titoni yang terletak di jalan Zainul Arifin Kota Malang. Kedai ini menjual aneka ronde dan angsle, kedai ini buka sejak tahun 1948 dan bertahan hingga sekarang.

Meski tempatnya tidak begitu besar dan cukip sederhana, rasa ronde atau angsle yang dihidangkan disini pastinya akan membuat anda puas hingga ingin membungkus beebrapa porsi. Kenikmatan ronde dan juga angsle Titoni ini sudah cukup tersohor bahkan pembawa acara kuliner yang dikenal dengan Pak Bondan  pernah singgah di kedai Ronde Titoni ini.

Menu utama di kedai ini adalah angsle dan ronde, untuk ronde ada dua jenis, yang pertama yakni ronde kering dan yang kedua adalah ronde basah. Kedua makanan ini sama-sama nikmat, tubuh terasa hangat setelah masuk ke dalam tubuh, tumbukan jahe terbaik yang digunakan serta bola-bola ketan dengan isi kacang tumbuk manis membuat kudapan sederhana ini tidak pernah sepi pengunjung.

Related Articles