Industri KreatifKabar KreatifKreatif TourismWisata Kreatif

Kawah Ijen Resmi Diusulkan Menjadi Geopark Dunia, Apa Alasannya?

Kawah Ijen Resmi Diusulkan Menjadi Geopark Dunia

Indiekraf.com – Sebagai masyarakat Indonesia, kita pasti sudah tak asing dengan wisata bernama Kawah Ijen. Menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia, ada kabar baik mengenai salah satu lokasi wisata kebanggan tanah air tersebut. Kawah Ijen kini diusulkan menjadi bagian dari jaringan geopark dunia lho!

Pada tahun 2018 lalu, Banyuwangi telah ditetapkan menjadi kawasan geopark nasional. Tidak hanya itu, Gunung Ijen juga saat ini sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Jaringan Cagar Biosfer Dunia. Seperti halnya pada geopark dunia yang lain, apabila Kawah Ijen resmi menyandang UNESCO Geopark, maka dengan itu Banyuwangi akan ikut terangkat untuk dipromosikan. Wisata yang terkenal dengan sebutan ‘The Sunrise of Java’ ini nantinya akan semakin terangkat pamornya sebagai pesona alam dan budaya yang ada di Indonesia.

Bupati Banyuwangi yaitu Abdullah Azwar Anas memberikan keterangan terkait dengan hal ini. Ia menuliskan rasa syukurnya atas dukungan dari pemerintah yang sudah memberikan fasilitas surat pengajuan tersebut melalui Arief Rachman selaku Ketua Harian KNIU kemendikbud. Saat ini, surat pengajuan tersebut telah dikirimkan kepada Sekretariat Internasional Geoscience and Geoparks Programme (IGGP) UNESCO di Paris.

Baca Juga Bisakah Ekonomi Kreatif Jadi Solusi Pengangguran Terdidik di Kota Malang?

Abdullah juga mengucapkan rasa terima kasihnya pada Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah Indar Parawansa, serta jajaran Kemendikbud yang sudah mendorong serta membantu persiapan dokumen terkait pengajuan tersebut. Pasalnya, Gubernur Jawa Timur hingga para jajaran Kemendikbud telah berperan untuk membantu mempersiapkan dokumen pengajuan Kawah Ijen sebagai bagian dari jaringan Geopark dunia untuk Indonesia.

Pemerintah Banyuwangi kini diharapkan untuk mempersiapkan aplikasi dokumen yang memuat beberapa hal terkait dengan Kawah Ijen sebagai lokasi wisata. Hal itu mencakup deskripsi ilmiah tentang potensi dari warisan geologi dan geo-konservasi. Tak hanya itu, penting juga untuk menyertakan program terkait peningkatan kapasitas masyarakat yang ada di wilayah Geopark Ijen. 

Kabar ini dinilai menjadi kabar yang membanggakan bagi warga Indonesia. Karena hal ini membuktikan bahwa Indonesia benar – benar kaya tak hanya dari sumber daya manusia namun juga sumber daya alam yang ada.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button