Pelaku Kreatif

Kenali Dan Pahami Tipe Tipe Konsumen Anda

Ditulis oleh : Rossya Adha

Source : http://bisnisukm.com

Selalu terbayang dalam fikiran kita bahwa menentukan segmen pasar terhadap bisnis juga merupakan faktor penting. Bisa dibayangkan apabila segmen pasar kita salah sasaran. Mau dibawa kemana bisnis ini? Namun, setelah kita sudah menentukan segmen pasar, langkah selanjutnya adalah menjalin komunikasi dengan konsumen.

Menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen adalah syarat utamanya. Kenapa? Yaaa … karena konsumen akan mempengaruhi perkembangan sebuah bisnis. Semakin banyaknya orang yang mengeahui produk bisnis kamu, maka akan semakin banyak pula konsumen-konsumen dari beberapa kategori yang akan menggunakan produkmu. Karena, semakin banyaknya masyarakat luas yang mengetahui tentang produk kalian. Maka, dari itu kalian harus tahu dan wajib untuk mengenali berbagai tipe-tipe konsumen nih.

Beberapa refrensi yang bisa kalian ambil, yaitu :

  1.     Para Windows Shopper

Tipe konsuemen seperti ini adalah tipe konsumen yang tidak terlalu serius untuk berbelanja, namun biasanya hanya iseng untuk melihat produk yang kalian tawarkan. Biasanya mereka hanya mencari referensi terhadap suatu produk. Namun, kalian jangan kesal dulu apabila mereka hanya lihat-lihat saja. Tipe konsumen windows shopper bisa kalian manfaatkan untuk menaikkan trafik website kalian

  1.     Diskon Besar-Besaran

Siapa yang tidak tahan dengan kata-kata “DISKON”??. Nah tipe pemburu diskon ini, hanya akan membeli produk kalian apabila terdapat penawaran diskon yang menarik untuk produk-produk tertentu yang sedang ditawarkan. Mereka akan tersenyum sumringah apabila terdapat barang yang mereka inginkan juga mendapatkan penawaran diskon.

  1.     Seleb Wanna Be

Dilihat dari bagiannya saja, tipe-tipe konsumen seperti ini termasuk tipe konsumen loyal yang akan dengan senang hati membeli produk yang sama seperti idola mereka. Meskipun, bisa dibilang harganya mahal atau murah namun, supaya bisa tampil seperti idolanya. Tak ada kata lain selain “ Beli aja deh”.  Bahkan tipe konsumen seperti ini tak perlu untuk dirayu supaya membeli produk kalian.

  1.     Konsumen Banyak Pertanyaan

Nah … tipe konsumen seperti ini yang harus sangat sabar untuk dihadapi. Karena, sebelum membeli mereka akan memberikan kalian beberapa pertanyaan seputar produk kalian dan tak tanggung-tanggung bisa juga, mereka akan membanding produk A dengan produk D, lalu harga B dengan harga E. Untuk, memudahkan menjawab pertanyaan mereka jangan lupa selalu sertakan “description produk” agar si konsumen selalu yakin dengan produk-produk yang kalian tawarkan.

Menghadapi beberapa tipe konsumen bisa dibilang susah-susah gampang atau gampang-gampang susah. Melihat lagi tipe seperti apa yang sedang kalian hadapi. Jadi, akan selalu banyak cara untuk mengahadapi karakteristik para konsumen.

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close