Digital Kreatif

Keyword Paling Dicari Tahun 2021 di Google, Apakah Itu?

Indiekraf.com – Jika melihat kehidupan kita saat ini, sepertinya peran internet menjadi sangat penting. Internet kini menjadi salah satu kebutuhan yang tak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Tak hanya menjadi sumber hiburan, nyatanya internet bisa memenuhi berbagai kebutuhan untuk belajar hingga bekerja. Tak jarang juga pengguna menggunakan internet untuk mencari tahu hal-hal yang mereka ingin ketahui. Nah, ini saatnya kita simak bersama apakah keyword paling dicari tahun 2021!

Banyaknya Adaptasi dari Pengguna Internet di Indonesia

Beberapa waktu lalu, Google resmi merilis Year in Search 2021 dengan tema ‘Look back to move your business forward’. Seperti diketahui, laporan Year in Search 2021 menampilkan tren konsumen dari berbagai masyarakat lengkap dengan panduannya. Yolanda Sastra sebagai Head of Ads Marketing Google Indonesia menjelaskan bahwa di tahun 2021 ada banyak adaptasi yang terjadi. Tentunya ada banyak keyword paling dicari tahun 2021 lalu, ya.

“Orang Indonesia membuka Google Search untuk mencari ide dan inspirasi, tetapi juga untuk memahami perubahan dan tantangan yang dihadirkan oleh pandemi. Laporan ini sungguh dapat membantu Brand dan pemasar mengidentifikasi pergeseran utama perilaku konsumen dan apa yang harus diketahui kedepannya,” jelas Yolanda. 

Keyword Paling Dicari Tahun 2021 di Google, Apakah Itu?

Laporan ini bersumber dari Google Trends pada periode Agustus 2020 hingga 2021 dan beberapa sumber lainnya. adapun beberapa tren besar dan keyword paling dicari tahun 2021 yang bermunculan. Ternyata banyak masyarakat Indonesia yang mencari dan membeli berbagai kebutuhan dengan platform online. Selain itu, tak sedikit juga masyarakat yang ingin mencoba melakukan penghematan uang. Ada yang mencari kata kunci ‘saham pemula’ dengan penelusuran 128% hingga ‘kemasan ekonomis’ sebesar 56%.

Ada pula yang mencari tahu tentang produk seperti produk ‘cruelty-free’ dan ‘carbon footprint’. Peningkatan keyword ‘ramah lingkungan’ juga mengalami kenaikan sebesar 114%. Sedangkan untuk keamanan online, kini masyarakat sudah mulai ‘kepo’ nih dengan hal ini. Bisa ditunjukan lewat kata pencarian ‘kebocoran data’ dan berita bohong’ yang turut meningkat.

Baca Juga Google Alokasikan Dana Rp 42 Miliar Demi Tangkal HOAX Soal Vaksin

Berapa Pengguna E-commerce di Indonesia Saat Ini?

Related Articles