Acara KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

Kolaborasi Bareng SMKN 5 Malang, Indiekraf Beri Pembekalan Industri Kreatif Bagi Siswa

Indiekraf.com –  Penguatan SDM khususnya bagi dunia industri kreatif terus dilakukan oleh Indiekraf.com. Salah satu yang terbaru adalah kerjasama dengan SMKN 5 Malang, yang diwujudkan dalam event pembekalan kepada para siswa kelas X, yang berlangsung selama tiga hari, mulai 29 September hingga 01 Oktober 2021, di Gedung SMKN 5 Malang.

Pada hari pertama bersama Indiekraf di event bertajuk “Program Guru Tamu Dudika” tersebut, hadir dari Indiekraf.com adalah Chief Editor Hino Kertapati. Dalam kesempatan tersebut, pria yang juga seorang copywriter tersebut menyampaikan materi tentang pentingnya para siswa dalam memahami dunia digital marketing, serta juga memberikan motivasi dalam berwirausaha dan tips serta trik untuk memulai karir sebagai freelancer.

BACA JUGA:

“Digital marketing saat ini menjadi bagian penting dari industri kreatif. Apalagi dalam masa pandemi, ketika kita dituntut lebih kreatif lagi dalam memasarkan produk secara daring. Digital marketing tidak hanya penting buat produk atau juga perusahaan. Namun bisa pula digunakan untuk menjual skill kita kalau mau berkarir sebagai freelancer dan pekerja remote,” ujar Hino kepada 36 peserta didik yang hadir.

Sementara pada hari kedua, hadir Co-Founder Indiekraf.com, Fariz Rizky Wijaya. Pria yang akrab disapa Fariz tersebut memberikan banyak materi tentang desain dalam ranah digital dan produk, yang langsung banyak mendapat sambutan antusias dari para murid yang hadir.

credit: SMKN 5 Malang

Sedangkan di hari terakhir, Indiekraf.com menghadirkan CEO nya M Ziaelfikar Albaba, yang membawakan materi tentang dunia ideation dalam industri kreatif, khususnya pada era transformasi digital seperti sekarang ini. Dimana memang setiap individu dituntut memiliki soft skill yang baik, disamping skill kerja yang kompeten, terkhusus dalam membangun dan mengembangkan ide – ide kreatif.

BACA JUGA:

Optimis SDM Industri Kreatif Malang Akan Semakin Maju

Terkait dengan kerjasama dengan SMKN 5 ini, Fikar, begitu M Ziaelfikar akrab dipanggil, menyambut sangat gembira. Menurutnya memang dunia industri kreatif dan kewirausahaan sudah waktunya juga mulai dikenal oleh pelajar level menengah atas, karena selama ini industri kreatif khususnya di aplikasi dan gim, masih didomunasi oleh mahasiswa. Padahal menurutnya, kompetensi murid – murid SMK khususnya seperti dari SMKN 5 ini sudah memiliki skill kerja yang baik.

“Teman – teman dari SMK, seperti SMKN 5 ini sebenarnya sudah memiliki skill kerja yang bagus, hanya tinggal bagaimana disesuikan dengan kebutuhan industri saja. Serta diberikan motivasi dan pembelajaran tentang softskill nya. Tentu ke depan akan bisa menghasilkan SDM – SDM dari level menengah kejuruan yang apik,” ulas pria yang juga Koordinator STASION Malang ini.

Sementara  Wakil Kepala Sekolah SMKN 5 Malang Bagian Kehumasan,Wahyu Andreas, S.Kom, M.Pd. menyampaikan, bahwa 36 siswa yang mengikuti pembekalan ini merupakan siswa – siswa terbaik kelas X dari ribuan murid yang baru diterima masuk di 8 jurusan yang ada di sekolah yang berlokasi di Jl. Ikan Piranha Atas Malang tersebut.

Menurutnya, saat ini sangat penting para siswa memiliki pengetahuan tentang dunia industri, sehingga pembekalan dari program guru tamu seperti saat ini bersama Indiekraf.com, diharapkan akan menambah wawasan dan mampu memotivasi para siswa untuk bisa meraih kesuksesan di masa depan.

“Seperti namanya, kegiatan ini dilakukan dengan mengundang para pemateri “expert” di bidangnya yang dihadirkan langsung dari DUDIKA. Hal ini dipandang sangat tepat untuk diadakan dan diikuti oleh siswa karena narasumber dapat menyampaikan materi sekaligus berbagi pengalaman langsung saat bekerja di industri yang mereka kembangkan. Siswa pun dapat memperoleh gambaran tentang industri serta motivasi yang tentu sangat berguna untuk mereka kelak,” urai Wahyu Andreas.

Related Articles