Acara KreatifMbois MediaMCC

Kunjungi MCC, Gubernur Jawa Timur Apresiasi Pelaku Ekonomi Kreatif di Kota Malang

Gubernur Jatim Tinjau MCC dalam Acara Cangkrukan Bareng Pak Wali dan Bu Gubernur

Indiekraf.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau gedung Malang Creative Center (MCC) pada acara “Cangkrukan Bareng Pak Wali & Bu Gubernur” yang berlangsung pada Sabtu, 25 Maret kemarin. Dalam kunjungannya tersebut, Khofifah didampingi oleh Sekda Provinsi Jawa Timur, Wali Kota Malang, Dr. H Sutiaji, dan Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Jawa Timur dan Kota Malang, serta disambut oleh Komite Ekonomi Kreatif Kota Malang.

Khofifah menyatakan bahwa MCC memiliki potensi besar untuk menyiapkan dan mencetak berbagai profesi yang dapat dipertemukan dengan dunia usaha, industri, dan kerja (DUDIKA). Harapannya, MCC dapat menjadi sarana bagi para pekerja seperti fotografer, videografer, animator, event organizer, dan lain-lain saat dunia kerja membutuhkan tenaga kerja dan fasilitas. Selain itu, Khofifah juga menekankan pentingnya sinergi antara berbagai program Pemerintah Provinsi Jawa Timur, seperti program Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan program double track Sekolah Menengah Atas (SMA). Ia berharap bahwa MCC dapat menjadi pusat kreativitas dan inovasi untuk DUDIKA di masa depan.

Wali Kota Malang, Dr. H Sutiaji, menambahkan bahwa MCC telah memainkan peran yang sangat penting dalam menurunkan angka pengangguran terbuka di Kota Malang. Sebelumnya, Kota Malang menduduki peringkat pertama dalam angka pengangguran terbuka di Jawa Timur, namun saat ini sudah berhasil menurunkannya hingga ke posisi kelima.

Kunjungan Gubernur Jatim di MCC (25/3)
Kunjungan Gubernur Jatim di MCC (25/3)

Diharapkan bahwa dengan adanya sinergi antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kota Malang serta peran Malang Creative Center dalam menyiapkan dan mencetak berbagai profesi yang dibutuhkan oleh dunia kerja, maka angka pengangguran terbuka di Kota Malang dan Jawa Timur secara keseluruhan dapat terus menurun.

MCC sendiri adalah pusat kegiatan yang menyediakan fasilitas untuk masyarakat umum yang ingin melakukan kegiatan kreatif seperti seni, musik, dan olahraga. Pusat kegiatan ini juga menyediakan tempat bagi pelaku usaha kreatif lokal untuk memasarkan produk mereka, sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Jawa Timur memberikan dukungan dan apresiasi terhadap upaya yang dilakukan oleh MCC dalam mengembangkan potensi kreatif masyarakat lokal dan memajukan sektor kreatif di daerah tersebut. Kunjungan tersebut juga dapat menjadi ajang untuk berdiskusi dan berinteraksi langsung dengan masyarakat serta pelaku usaha kreatif di daerah tersebut guna mendapatkan masukan dan informasi yang berguna untuk kebijakan pembangunan di masa depan.

Kunjungan Gubernur Jatim di MCC (25/3)
Kunjungan Gubernur Jatim di MCC (25/3)

Potensi Ekonomi Kreatif Kota Malang

Kota Malang memiliki potensi ekonomi kreatif yang cukup besar, terutama karena kota ini memiliki sejumlah sektor kreatif yang berkembang pesat dan terus mengalami perkembangan yang positif. Beberapa sektor kreatif yang memiliki potensi di Kota Malang antara lain:

  1. Industri kreatif fashion: Kota Malang memiliki industri fashion yang berkembang pesat, terutama di bidang busana muslim dan batik. Banyak desainer dan produsen lokal yang memproduksi pakaian dengan kualitas yang baik dan unik, sehingga mampu bersaing dengan produk-produk dari daerah lain.
  2. Musik: Kota Malang juga memiliki banyak musisi dan band yang berkualitas dan terkenal di Indonesia. Banyak acara musik yang diadakan di kota ini, baik oleh pemerintah maupun oleh masyarakat, sehingga membuka peluang bagi industri musik lokal.
  3. Aplikasi dan Gim : Kota Malang memiliki 90+ industri IT dan Gim, banyak aplikasi baik service based maupun product based yang lahir dari kota Malang. Bahkan beberapa aplikasi dan gim sudah mendapatkan pendanaan investor dan publisher dari luar negeri.
  4. Seni dan budaya: Kota Malang juga memiliki seni dan budaya yang kaya dan beragam, seperti seni lukis, seni tari, seni drama, dan seni rupa. Pelaku usaha kreatif di bidang ini dapat memanfaatkan potensi seni dan budaya lokal untuk memproduksi karya seni dan budaya yang unik dan menarik.

Dengan potensi-potensi tersebut, sektor ekonomi kreatif di Kota Malang memiliki peluang besar untuk terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian daerah. Oleh karena itu, pemerintah dan masyarakat perlu terus mendukung dan mengembangkan sektor ekonomi kreatif agar dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat dan daerah secara keseluruhan.

Baca Juga :

Show More

Related Articles