Selamat Datang di Indiekraf Media - Kunjungi Juga Studio Kami untuk Berkolaborasi lebih Keren :)

Menuju Indiekraf Studio
Desain Komunikasi VisualIndustri KreatifInsightKabar KreatifMbois Media

Logo HUT RI ke-79 Sudah Diresmikan, Simak Sini Dulu Yuk!

Indiekraf.com – Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) RI telah meresmikan logo terpilih untuk Hari Ulang Tahun (HUT)  RI yang ke-79 pada 24 Juni 2024 lalu. Logo ini merupakan hasil dari kerja sama antara Kemensetneg, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dan Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI). 

Selain menyampaikan tema HUT RI ke-79 serta maknanya di dalam kegiatan peresmian logo ini, Kemensetneg juga merilis informasi terkait pedoman visual dari logo tersebut. Penasaran nggak sih dengan logo HUT RI ke-79 terpilih ini? Simak artikel ini sampai habis yuk!

Tema HUT RI ke-79 dan maknanya

Heru Budi Hartono sebagai Kepala Sekretariat Presiden menyampaikan tema HUT RI ke-79 adalah “Nusantara Baru Indonesia Maju”. Tema tersebut tidak dipilih sembarangan, ya, karena dengan tema terpilih tersebut mengandung makna untuk menggambarkan transisi. Transisi yang dimaksud adalah transisi kepindahan ibu kota negara dan kepemimpinan bangsa serta negara ke depannya.

Melansir dari goodnewsfromindonesia, transisi yang digambarkan dalam tema HUT RI ke-79 tersebut merupakan transisi bangsa Indonesia dalam menyongsong ibu kota baru, pergantian estafet kepemimpinan Indonesia, dan menyongsong Indonesia Emas 2045.

Logo HUT RI ke-79

Setelah melalui proses yang diadakan oleh ADGI melalui program ADGI Hub, terpilihlah satu identitas visual yang telah resmi diluncurkan. Berikut adalah logo terpilihnya:

Logo utama HUT RI ke-79 – Sumber gambar: Panduan Identitas Visual Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024

Kabarnya logo tersebut merupakan salah satu dari lima rancangan identitas visual yang diajukan kepada presiden RI oleh Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Barekraf) dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg). Berdasarkan unggahan instagram dari adgi.pusat, pada awalnya terpilih lima desainer yang bakal menjadi desainer dengan identitas visual terpilih.

Lima desainer tersebut adalah Steven Dian Marryko dari Chapter Jakarta, Ahmad Rifwi A. dari Chapter Bandung, Anthony Saputra dari Chapter Jogjakarta, Achmad Choir dari Chapter Malang, Inggrid Wenas dari Chapter Surabaya, dan Rahmat Zulfikar dari Chapter Makassar.  Setelah diajukan kepada presiden RI, terpilihlah satu identitas visual yang dirancang oleh Inggrid Wenas dari ADGI Chapter Surabaya.

Inggrid Wenas, desainer grafis asal Surabaya pemenang logo terpilih

Dari lima rancangan identitas visual yang diajukan kepada presiden RI, terpilihlah satu identitas visual rancangan Inggris Wenas. Melansir dari berbagai sumber, Inggrid Wenas adalah salah satu anggota ADGI Chapter Surabaya alumni Universitas Kristen Petra Surabaya tahun 2008. Ia adalah creative director dari studio design and branding miliknya, ideologie. Kabarnya perempuan ini sudah terjun di bidang desain grafis selama 15 tahun!

Inggrid Wenas – Sumber foto: RRI

Salah satu prestasi terbesarnya adalah kemenangan atas terpilihnya identitas visual yang dirancangnya untuk peringatan HUT RI ke-79. Perancangan desain logo yang diajukannya tersebut telah Inggrid kerjakan bersama timnya sejak Februari hingga Maret 2024.

“Melalui momen ini, lewat karya ini, kami ingin memvisualisasikan Indonesia sebagai sebuah negara Nusantara dengan kekayaan alam yang elok, yang terus melangkah menuju kemajuan, mengikuti perkembangan zaman, tanpa melupakan akar budaya dan nilai-nilai kebangsaannya. Kami berharap perancangan identitas HUT Kemerdekaan RI kali ini dapat memantik semangat persatuan yang baru demi tercapainya kemajuan Indonesia di masa depan. Di momen ini juga terdapat sebuah goresan sejarah dimana Indonesia juga akan bersiap untuk Ibukota baru demi kemajuan bersama Bangsa & Negara ini,” Inggrid Wenas, ideologie, ADGI Chapter Surabaya.

Makna dan filosofi logo terpilih

Melansir dari RRI, logo terpilih rancangan Inggrid Wenas memiliki pesan makna Indonesia sebagai Nusantara, negara kepulauan dengan keindahan alam yang elok. Filosofi yang dibawakan adalah sebagai berikut: 

Sumber gambar: Panduan Identitas Visual Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024

Logo HUT RI ke-79 terpilih ini mencerminkan semangat baru yang kuat untuk menyukseskan tiga transisi besar yang terjadi di Indonesia. Logo tersebut didasarkan pada persatuan dan kesetaraan nusantara untuk mencapai segala tujuan, yang mana negara ini berprinsip pada nilai-nilai luhur dengan memperhatikan kodrat alam dan budaya.

Selain itu, ada 3 karakter visual yang digambarkan dalam identitas visual HUT RI ke-79 ini:

1. Luwes dan adaptif

Luwes dan adaptif dalam konsep visual bermaksud dapat mengikuti lingkungan sekitar, hal tersebut mencerminkan pembangunan Indonesia yang beradaptasi dengan alam dan mempertahankan sumber daya yang ada.

2. Berkaitan

Indonesia yang terdiri dari berbagai adat yang berbeda bukannya menyurutkan sifat persatuan, melainkan malah saling melengkapi satu dengan yang lain.

3. Kokoh dan seimbang

Walaupun bersifat adaptif, negara tetap memiliki pondasi yang kokoh dan pertahanan yang kuat. Dalam menyokong negara diperlukan adanya keseimbangan antara segala bidang dalam kabinet untuk menjalankan visi dan misi Indonesia di masa depan.

Sumber gambar: Panduan Identitas Visual Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024

Konsep logo terpilih 

Logo terpilih tersebut membawakan 7 konsep visual:

1. Negara kepulauan

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan, hal ini digambarkan dalam bentuk angka 79 yang terdiri dari beberapa bagian, bermakna satu kesatuan dan berkaitan.

2. Lambang negara

Lambang negara Indonesia adalah burung garuda yang digambarkan dalam bentuk ujung dari angka 7 yang menyerupai paruh Garuda. Hal ini juga melambangkan kekuatan negara.

3. Pertumbuhan ekonomi

Di angka 7 pada logo terpilih berbentuk menyerupai panah ke kanan atas, menggambarkan simbol harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor untuk memenuhi misi Indonesia dalam menggerakkan ekonomi.

4. Keberlanjutan

Angka 79 yang dibentuk seperti lengkungan dari segala arah yang saling terhubung menyimbolkan prinsip pembangunan negara yang berkelanjutan.

5. Ekonomi hijau

Ada bentuk menyerupai dahan dan daun di angka 9 yang menggambarkan prinsip pembangunan negara berlandaskan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam, dan selalu memperhatikan akar budaya dan identitas.

6. Persatuan dan harapan

Dalam angka 79 terdapat dua bentuk yang sama di bagian kakinya. Bentuk tersebut membentuk dua tangan yang menyatu sebagai simbol persatuan masyarakat Indonesia walaupun memiliki pendapat yang berbeda-beda.

7. Kesetaraan

Terdapat bentuk dua gelonbang dengan arah yang sama di dalam angka 79 di bagian atas dan bawah, hal ini merepresentasikan tujuan Indonesia untuk desentralisasi dan memeratakan pembangunan demi mencapai kesetaraan.

Untuk informasi selanjutnya dan yang lebih lengkap, Kemensetneg telah merilis informasi tentang identitas visual Peringatan HUT RI ke-79 tersebut yang dapat diakses oleh publik di sini.

Dengan diresmikannya logo HUT RI ke-79, kita diajak untuk memahami dan menghayati semangat baru yang ingin diwujudkan bangsa Indonesia. Logo terpilih tersebut bukan hanya sebagai simbol peringatan HUT saja, tetapi juga representasi dari tekad bersama untuk melewati tiga transisi besar yang sedang dihadapi negara. Yuk, jadikan momen ini sebagai pengingat akan pentingnya persatuan dan kesetaraan dalam mencapai cita-cita bangsa! Selamat menyambut perayaan HUT RI ke-19!

Baca juga:

Show More

Related Articles