Desain Komunikasi VisualDesain ProdukDigital KreatifFesyenIndustri KreatifKabar KreatifSeni Rupa

Mahasiswa Malang Sukses Bikin Design Masker Tema Nusantara, Hasilnya Keren Banget!

Indiekraf.com – Pandemi COVID-19 mengharuskan masyarakat beradaptasi dengan keadaan baru. Saat ini masker sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan diri dan orang lain. Seolah menjadi kelaziman baru, menggunakan masker yang ‘kece’ benar-benar menjadi tren saat ini. Tahukah kamu kalau ada mahasiswa Malang yang sukses membuat desain masker bertema nusantara.

Kini memang bukan hanya pengrajin masker yang unjuk gigi dengan membuat produk masker yang bagus, tetapi para ilustrator dan desainer grafis juga. Desain-desain yang kece dihasilkan salah satunya oleh mahasiswa Seni Rupa Murni Universitas Brawijaya (UB), Muhamad Ali Al Sidiq

Mahasiswa semester 9 ini membuat desain masker yang bernuansa Nusantara. Ia memberi nama desain masker tersebut “Matur Suksma”. Arti dari nama tersebut adalah ‘terima kasih’. Dalam desain masker tersebut, terdapat beberapa ikon yang berasal dari beragam suku di Indonesia. Beberapa ikon yang tergambar dalam desain tersebut seperti Barong yang berasal dari Bali, Topeng Malangan, Ondel-ondel dari Betawi dan ikon lainnya.

Baca Juga Handbook Pariwisata dari Kemenparekraf Segera Terbit

Dikutip dari Malang Times, Ali memberikan keterangannya terkait dengan desain yang ia  hasilkan. “Bentuk Barong Bali yang aku taruh di tengah itu memiliki makna seperti harapan semoga Indonesia tetap terlindungi dan terjaga kebudayaannya. Sama seperti barong yang menjaga kedamaian di daerah tempat dia tinggal,” jelasnya. 

Ali juga mengungkapkan bahwa ia membuat ilustrasi ini sebagai bentuk rasa terima kasihnya dan rasa bangga terhadap Tanah Air. Berbagai macam budaya yang ada di Indonesia melandasinya memvisualisasikan desain tersebut ke dalam masker. “Karena dengan hidup di Indonesia aku bisa ngerasain indahnya perbedaan dan kebersamaan. Aku bisa belajar tentang toleransi dan saling menghargai satu sama lain dan juga bisa menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” tambahnya lagi.

Tak hanya sebagai bentuknya untuk menjaga kesehatan dengan mendesain masker, ternyata desain karya Ali juga terpilih dalam sebuah kompetisi yang digelar oleh Creative Art Agency and Community. Ia terpilih menjadi juara 1 dalam proyek “Keren Banget Artist Project” atau krn.bgt. Creative Agency tersebut memang sengaja mengajak para seniman untuk berkolaborasi dalam membuat masker.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button