Desain ProdukIndustri KreatifInsightKabar Kreatif

Menajubkan! Robot Ciptaan Disney Ini Mampu Melakukan ‘Eye Contact’

Indiekraf.com – Disney berhasil mengembangkan robot yang bisa melakukan gerakan menyerupai manusia. Robot yang mereka beri nama dengan Gaze ini memiliki bentuk mata yang mirip dengan manusia. Tak hanya itu, Gaze juga mampu menirukan gerakan mata manusia seperti berkedip.

Salah satu teknologi yang sedang dikembangkan oleh Disney melalui robot ini adalah untuk mengetahui cara robot melakukan eye contact terhadap seseorang. Sebuah sensor yang berada di area dadanya mampu memberikan informasi kepada robot tersebut tentang kapan harus berbalik dan menghadap seseorang yang ada di depanya.

Baca juga Heboh! Elon Musk Lakukan Percobaan Menanamkan Cip Komputer ke Otak Makhluk Hidup

Tak hanya itu, robot yang sudah dipamerkan ini juga mampu menggerakan dada dan kepalanya untuk seakan robot tersebut sedang bernafas. Meskipun terlihat sedikit menyeramkan karena tidak memiliki kulit, namun penelitian ini telah memberikan kemajuan dalam menciptakan robot yang interaktif,

Robot Geza dikembangkan oleh para peneliti dari divisi Riset Disney, Walt Disney Imagineering, dan peneliti robotika yang ada di Universitas Illinois, Urbana-Champaign dan Institut Teknologi California. Dalam jurnal yang telah diterbitkan oleh Tim Riset Disney menjelaskan bahwa ‘eye contact’ adalah salah satu elemen penting dalam melakukan komunikasi.

Baca juga Ini Prediksi Perkembangan Dunia Digital di 10 Tahun Mendatang

“Tatapan telah terbukti menjadi kunci komunikasi sosial, yang mampu membentuk persepsi interaksi kepada lawan bicara. Misalnya, orang yang lebih banyak melakukan kontak mata dengan kita dianggap mirip dengan kita, serta lebih cerdas, teliti, tulus, dan dapat dipercaya. Lebih jauh, tatapan mata tampaknya juga menyampaikan keadaan sosial dan emosional yang lebih kompleks,” tulis mereka.

Untuk memberikan suasana berkomunikasi yang nyata, ‘eye contact’ jelas menjadi sesuatu yang penting untuk melengkapi karakter robot agar lebih interaktif. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan teknologi tatapan manusia yang semirip mungkin dengan keadaan nyata. Sebelumnya, pada tahun 2018, divisi penelitian Disney telah berhasil mengembangkan robot Stickman yang mampu melakukan backflip di udara.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Disney’s new skinless robot can blink like a human because why not

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button