Tak Berkategori

Mengulik Produk Gendongan Asal Kota Malang Yang Menembus Pasar Luar Negeri

Indiekraf.com-Kemunculan suatu ide usaha biasanya tercipta tanpa sengaja atau bahkan melalui sebuah peristiwa, hal itu seperti yang dirasakan oleh oleh pengusaha muda asal kota Malang bernama Lathifah Amaturrohman yang memilki produk usaha yakni gendongan bayi dengan brand bayiku.id yang mulai dirintis sejak 2017 silam.

Berawal dari kejadian anaknya yang jatuh saat diletakkan dalam gendongan, karena gendongan yang kurang ergonomis,membuat ibu dua anak ini memiliki ide kreatif yakni menciptakan sebuah gendongan bayi yang nyaman dan tentunya sangat aman saat menggendong bayi.

Baca juga:

“Ide awalnya itu ketika anakku jatuh dari gendongan saat di mall, pas jalan jalan di mall pakai gendongan model tiduran. Tangan kanan ambil belanjaan, eh gak tahunya pengaitnya pecah. Anakku jatuh di lantai mall dan kemudian di kerumunin banyak orang. Hal itu membuat trauma saya,:kata Thiva panggilan akrabnya kepada indiekraf.com, Selasa (25/05/21).

Sejak saat itu, mantan presenter TV Lokal ini memutuskan untuk membuat gendongan sendiri. Sebelumnya ia melakukan beragam riset sendiri, bagaimana gendongan yang aman, mulai bahan dasarnya, hingga jahitannya.

Setelah melakukan riset cukup lama, akhirnya ia sekarang memilki 4 produk gendongan bayi. Keempat jenis gendongan bayi itu adalah 2 in 1 instant baby wrap, Eco Baby Pouch, Activa Baby Carrier dan Geos Premium Baby Pouch

Setiap produk didesign dengan standar yang dibutuhkan bayi. Pastinya gendongan dibuat seamandan senyaman mungkin untuk bayi  dan sesuai dengan standar yang ditetapkan agar pertumbuhan bayi tidak terhambat.

“Gendongan standar itu yang ergonomis. Desain, bahan dan model gendongan dibuat tidak hanya agar bayi merasa nyaman, tetapi juga untuk yang menggendong,”jelasnya.

Harga

Bicara soal harga,pastinya bagi para pembeli sangatlah cocok dikantong, Thiva mengatakan bahwa produk buatannya dibanderol mulai Rp 50 ribu untuk model Eco Baby Pouch dan yang jenis Activa Baby Carrier dibanderol Rp 275 ribu.

“Untuk harga yang kami tawarkan mulai Rp 50 ribu hingga Rp 275 ribu,”ungkap mantan presenter TV ini.

Kapasitas produksi dari bayiku sendiri saat ini cukup besar. Setiap bulannya industri yang sudah masuk kategori menengah ini mampu memproduksi sekitar 2400 buah gendongan bayi model Activa Baby Carrier.

Baca juga :

Pasar Luar Negeri

Saat ini produk gendongan Bayiku sendiri sudah bisa dirasakan oleh para pelanggan diseluruh Indonesia. Bahkan beberapa kali produk asli buatan Kota Malang itu sudah merambah pasar ekspor luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam bahkan negeri kincir angin Belanda.

Namun demikian, untuk bisa mendapatkan produk Bayiku, Thiva menyebut bahwa konsumen harus melakukan preorder terlebih dahulu.

“Jadi  produk gendongan ini sudah ada di seluruh wilayah di Indonesia, kami memilki kuranglebih 58 agen di setiap wilayah. Untuk Pasar luar negeri,melalui agen kami, produk bayiku inisudah dikirim ke Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam ada juga keBelanda. Produk yang saat ini kami kerjakan ini adalah preorder yang masuk dua bulan lalu,” tandasnya.   

 

 

Related Articles