Industri KreatifKuliner

Menikmati Tahu Kupat Khas Manahan Solo, Yang Menggoyang Lidah

Indiekraf.com- Selain kuliner Tengkleng dan sego liwet, di kota Solo nampaknya masih banyak kuliner menarik yang patut dicoba, salah satunya adalah tahu kupat. Kali ini penulis mencoba menikmati tahu kupat khas Solo yang berada di sekitar area stadion Manahan Solo yakni tahu kupat “mbak Indri”.

Secara tampilan hampir mirip tahu telor yang biasanyapenulis nikmati di wilayah Malang dan sekitarnya,namun khusus untuk tahu kupat di Solo ini, ada banyak perbedaan. Jika tahu telor di wilayah malang dan sekitarnya diberi bumbu kacang yang telah ditumbuk halus lalu dicampur dengan kecap, khusus untuk tahu kupat Solo bumbunya dibuat dari bahan dasar bawang putih, gula merah, gula pasir, kecap manis, garam, dan daun jeruk. Kuah ini menjadikan tahu kupat memiliki rasa yang didominasi oleh manis.

tahu kupat “mbak Indri” manahan solo

Baca juga :

Untuk isian tahu Kupat Solo, terdiri dari ketupat, tahu goreng, mie kuning, potongan kol, tauge dan kacang goreng. Sebagai pelengkap, di atas isian tersebut diberi taburan daun seledri dan kacang goreng.

Ketika penulis mencoba salah satu makanan khas Solo ini, hal pertama yang penulis rasakan adalah seperti menyantap kuliner tahu gejrot, ada rasa manis dan ada juga rasa kecut. Meski baru pertama kali mencoba tahu kupat ini, rasa yang dimiliki oleh tahu kupat “mbak Indri” ini sangat cocok di lidah.

Dengan porsi yang cukup banyak dengan tambahan telor ceplok, menjadikan salah satu makanan khas Solo ini sangat cocok jadi andalan saat anda berada di kota Solo.

Salah seorang pengunjung dari Madura, Deli Himura mengatakan jika makanan tahu kupat ini terbilang sangat enak bagi lidah orang jawa timuran seperti dirinya, rasa yang ditawarkan cukup menggoda, apalagi ditambah dengan rasa pedas,rasanya semakin nikmat.

“Sangat enak, rasanya manis asam asin,rasanya kayak empek – empek palembang,” kata Deli.

Tahu kupat Manahan Solo

Baca juga:

Untuk tahu kupat “mbak Indri”ini, harga yang ditawarkan sangat murah,anda cukup mengeluarkan uang Rp 11.000 saja.

Di Solo pedagang tahu kupat terbilang lumayan banyak, hampir di setiap sudut kota bisa dijumpai pedagang tahu kupat tersebut. Namun jika anda berada di sekitaran stadion Manahan Solo, mungkin anda bisa mencoba tahu kupat “Mbak Indri” ini.

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button