Acara KreatifAplikasi Digital dan GameDigital KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

Mobile Legends Klaim Jadi eSport Paling Berkuasa di Asia Tenggara

Indiekraf.com – Di zaman sekarang sepertinya hampir semua orang tahu apa itu Mobile Legends: Bang Bang atau yang biasa disebut MLBB. Dengan popularitasnya yang sudah tak perlu diragukan, kini MLBB dengan liga utama game nya yaitu Mobile Legends Professional League (MPL) mengklaim telah berhasil menguasai industri eSport di Asia Tenggara! Mereka mengklaim bahwa mereka meraih kesuksesan ini di sepanjang tahun 2020.

Hal itu diungkapkan oleh Managing Director Moonton Games, Lucas Mao, lewat keterangan resminya. “Tak dapat dipungkiri 2020 adalah tahun yang penuh tantangan. Fokus kami adalah memberikan hiburan terbaik bagi para fans dan juga menyediakan platform bagi generasi muda sebagai jembatan untuk menggapai mimpi mereka.” ucapnya. Ia juga menambahkan bahwa terlepas dari itu semua, pencapaian ini bukanlah milik mereka saja tetapi juga menjadi milik semua fans MLBB dan MP.

Pihak mereka menyebutkan bahwa selama tahun 2020, MLBB berhasil meraih sekitar 20 pencapaian baru. Pencapaian itu termasuk dari negara Myanmar, FIlipina, Malaysia, Singapura dan Indonesia. Pencapaian yang telah diraih antara lain kesuksesan dari MLBB Campus Championship. Ajang ini sendiri sudah digelar pada awal tahun 2020 silam. MLBB Campus Championship sendiri merupakan turnamen yang pada pelaksanaannya melibatkan setidaknya 32 kampus di seluruh Indonesia. Dalam turnamen ini mereka sukses menggaet 1.225 tim dan bahkan mendapatkan impresi di platform media sosial seperti Facebook, Youtube dan Instagram yang hampir menembus angka 100 juta followers. 

Baca Juga Hore! SEA Games 2021 Resmikan eSport Jadi Cabang Olahraga

Game Cyberpunk 2077 Pecahkan Rekor Baru Sejak Resmi Dirilis

Tak hanya itu, sudah diselenggarakan juga ajang MPL Indonesia Season 5 di bulan April tahun lalu. Ajang tersebut pun berhasil menjadi ajang turnamen terpopuler versi Esports Charts. Bukan tanpa alasan, kepopuleran ini diraih berkat total penonton yang menjadi total penonton terbanyak (pcu) saat siaran langsung dengan angka mencapai 1,1 juta penonton. 

Pada bulan Oktober 2020, MPL Indonesia dan MPL FIlipina juga berhasil memecahkan rekor penonton terbanyak untuk season 6. Dikutip dari laporan Esport Charts, kedua ajang di negara berbeda tersebut berturut-turut mencapai angka penonton hingga 2,8 juta dan 765 ribu. “Menjadi game MOBA terpopuler di Indonesia dan juga dunia adalah bonus bagi kami. Terpenting adalah kami dapat membahagiakan seluruh fans. Sekali lagi, terima kasih sudah memberikan kepercayaan kepada kami,” pungkas Lucas.

Related Articles