Selamat Datang di Indiekraf Media - Kunjungi Juga Studio Kami untuk Berkolaborasi lebih Keren :)

Menuju Indiekraf Studio
Industri KreatifInsightKota KreatifKulinerMbois Media

Nggak Cuma Punya Rendang, Padang Pariaman Juga Punya Cokelat!

Indiekraf.com – Kabupaten Padang Pariaman adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Telah terkenal selama ini sebagai rumahnya rendang, ternyata kabupaten ini juga punya cokelat! Penasaran dengan cokelatnya negeri Minang ini? Simak artikel ini sampai habis untuk tahu gimana cokelatnya Padang Pariaman!

Dilansir dari laman kemenparekraf, salah satu potensi kuliner dari Kabupaten Padang Pariaman yang tengah diinovasi adalah cokelat. Cokelat berasal dari buah kakao, yang ternyata dapat tumbuh dengan baik di hampir seluruh wilayah Provinsi Sumatera Barat. Nah, di Kabupaten Padang Pariaman inilah pertama kalinya dimulai pengembangan tanaman kakao beserta hasil olahannya yang bisa dibilang cukup terkenal, yaitu Cokelat Malibou.

Kabarnya saat ini Kabupaten Padang Pariaman diproyeksikan sebagai sentra utama cokelat di Sumatera Barat! Dari tanaman kakao yang diolah menjadi cokelat-cokelat tersebut berada dalam bentuk yang berbeda-beda, seperti bubuk 3 in 1, cokelat batang, permen cokelat, dan termasuk juga biji kakao murni yang dapat dibawa pulang sebagai buah tangan dari Kabupaten Padang Pariaman. Hebatnya, pemasaran produk cokelat ini mulai dari nasional hingga internasional (Malaysia, Thailand, dan Jepang)!

Kenapa ya Padang masih bisa juga punya cokelat padahal rendangnya sudah mendunia? Subsektor kuliner yang berpotensial ini juga berkembang subur di Padang Pariaman karena adanya dukungan dari pemerintah daerah, lahannya yang luas, dan juga ada SMK Kakao. Bahan-bahan dari olahan cokelat tersebut juga sudah tersedia di Padang Pariaman sendiri, peralatannya juga sudah tersedia walaupun ada juga yang yang dibuatkan dari Bandung.

Berdasarkan Penilaian Mandiri Kota/Kabupaten Kreatif Indonesia (PMK3I), omzet subsektor kuliner di Kabupaten Padang Pariaman per tahunnya bisa mencapai 1,3 miliar rupiah! Termasuk juga sudah mendapatkan 5 penghargaan dan sudah berdiri sejak 2001. Kedepannya walaupun Padang Pariaman sudah punya rendang yang mendunia, subsektor kuliner cokelat ini juga masih sangat berpotensi untuk tumbuh subur dengan adanya keterkaitan dengan subsektor ekonomi yang lain. Jadi nggak cuma punya rendang aja nih Si Padang Pariaman. Selengkapnya kamu bisa baca lagi di sini ya!

Baca juga:

Show More

Related Articles