Desain ProdukFesyenIndustri KreatifInsightKabar KreatifKriya

Simak !Trend Baru Yang Diciptakan Para Desainer Agar Bisa Bertahan Di Tengah Pandemi Covid-19

Indiekraf.com – Pandemi Covid-19 telah menantang industri kreatif di seluruh dunia untuk terus berinovasi lebih keras lagi. Tak tinggal diam, para desainer telah menciptakan trend baru dengan membuat masker sebagai bagian dari gaya fesyen terbaru.

Seperti yang diketahui, masyarakat di dunia saat ini diwajibkan untuk menggunakan masker agar terlindung dari virus corona. Namun, untuk sebagian masyarakat, memakai masker bisa mengurangi “keindahan” fesyen mereka. Melihat hal tersebut, para desainer berusaha untuk membuat desain masker yang kreatif, sehingga masyarakat yang memakainya masih bisa terlihat keren dan fashionable.

Baca juga Digital Nomads, Trend Bekerja Dari Mana Saja ala Millennials

Di Indonesia, telah banyak industri tekstil yang mulai beradaptasi dengan keadaan pandemi seperti sekarang. Batik Marunda, salah satu industri tekstil yang ada di Jakarta mencoba untuk memproduksi masker dengan motif batik. Dikutip dari www.aljazeera.com, salah satu koordinator dari Batik Marunda, Mulyadi menjelaskan bahwa hal ini sengaja dilakukan karena industri tersebut telah mengalami kerugian akibat pandemi.

“Penjualan menurun derastis selama sebulan, kita sama sekali tidak ada penjualan,” ujar Mulyadi.

Baju dan kain batik yang diproduksi oleh Batik Marunda hampir tak ada pemesanan di satu bulan terakhir. Melihat trend fesyen masker yang sedang naik daun, mereka kini mencoba untuk ikut memproduksi masker dengan motif batik. Memproduksi masker menjadi fokus utama Batik Marunda agar industri tersebut tetap bisa berjalan.

Baca juga Asyiik! Bioskop Drive In Kini Hadir Di Indonesia, Ini Penampakannya

Salah satu kendala yang dihadapi oleh para desainer dan pengerajin dari Batik Marunda adalah mereka masih merasa kesulitan untuk membatik di kain yang kecil. Hal ini dikarenakan mereka terbiasa dengan membatik dikain yang berukuran besar. Menurut mereka, membatik diatas kain yang berukuran sebesar masker membutuhkan detail dan konsentrasi yang lebih tinggi.

Fesyen menggunakan masker telah menjadi trend di seluruh dunia. Banyak brand fesyen ternama internasional yang saat ini juga memproduksi masker. Hal ini membuka kesempatan bagi industri kreatif Indonesia di bidang tekstil agar memanfaatkan moment tersebut untuk memproduksi masker dengan desain yang manarik.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Struggling designers find ways to help fight COVID in Indonesia

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button