Acara KreatifFilm Animasi dan VideoKabar Kreatif

Peringati Hari Film Nasional, Pelaku Kreatif Malang Helat Parade Film Malang 4

Parade Film Malang adalah Program kolektif pegiat Kreatif di Malang dalam rangka merayakan Bulan Film Nasional tiap bulan Maret.

Pertumbuhan industri film Indonesia semakin meningkat dengan semakin banyaknya produksi film dalam negeri dan jumlah penontonnya. Pada tahun 2018 ini, film yang bergenre romansa remaja, Dilan, mampu menyedot penonton hingga 6,3 juta orang, dan mampu bertahan di layar-layar bioskop hingga lebih dari satu bulan.

Meningkatnya jumlah penonton tersebut juga didorong oleh faktor meningkatnya layar film di Indonesia. Jika di tahun 2012 ada 609 layar film, maka di akhir 2017 jumlah layar film sudah mencapai 1.412 layar. Meningkatkan jumlah layar film tersebut juga memberikan kesempatan pada banyak film-film lokal untuk dapat bertahan lebih lama di bioskop. Pasalnya, menurut Bekraf, salah satu penyebab sulitnya meningkatkan pangsa pasar film nasional adalah karena minimnya jumlah layar.

Berangkat dari inisiatif dari sekelompok pegiat sinema independen di Kota Malang dan jejaring pertemanan lintas disiplin seni di tahun 2016. Parade Film Malang telah memasuki tahun ke-4 nya di tahun 2019. Dengan mengambil bulan Maret yang bertepatan dengan Bulan Film Nasional. Tagline yang selalu diusung yaitu “Rayakan Bulan Film Nasional Dengan Caramu Sendiri”. PFM adalah seri event dari berbagai background seni terutama film untuk merayakan Bulan Film Nasional dengan berbagai macam format.

Parade Film Malang adalah Program kolektif pegiat Kreatif di Malang dalam rangka merayakan Bulan Film Nasional tiap bulan Maret. Pertunjukkan musik, film, sastra, drama teater, serta pameran visual art dan fotografi.

Mulai dari layar tancap, gigs musik, harsh noise, screening film pendek, workshop acting, workshop sound design, sharing session animasi, diskusi film dan pemutaran video musik, berantai digelar sebagai perwujudan konsep besar yang sesuai tagline yaitu “merayakan dengan caramu sendiri”.

Mulai dari layar tancap, gigs musik, harsh noise, screening film pendek, workshop acting, workshop sound design, sharing session animasi, diskusi film dan pemutaran video musik, berantai digelar sebagai perwujudan konsep besar yang sesuai tagline yaitu "merayakan dengan caramu sendiri".
Jadwal Parade Film Malang Part 1

Mulai tanggal 9-31 Maret, PFM 2019 akan digelar tersebar di berbagai tempat di Malang. Lokasi kegiatan ada di Backline Cafe, Legipait 2 cafe, Rumah MCF, Kalcer , Cafe Pustaka UM, Semeru Art Gallery, Godbless Cafe 2 dan ruang – ruang lainnya. PFM 2019 menggandeng antara lain komunitas Forum Animasi Malang, Malang Sub Noise, Societo Sineklub UB, Nol Derajat Sineklub, Kine UMM, dan Padepokan Film dan entitas – entitas lain seperti kafe – kafe yang bekerjasama dengan PFM 2019.

Update info waktu dan tempat, bisa disimak di akun sosial media PFM yaitu @paradefilmmlg dan paradefilmmalang.blogspot.com

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close