fbpx
Acara KreatifDigital KreatifIndustri KreatifKabar KreatifSeni PertunjukanSeni Rupa

Parade Seni Budaya Surabaya; Wadah Seniman Berkolaborasi Saat Pandemi

Indiekraf.com – Untuk kamu para pecinta kesenian tradisional, ini dia acara Parade Seni Budaya yang harus kamu tengok! Meskipun rangkaian acaranya sudah resmi berakhir, acara seni ini masih menyisakan kenangan serta pelajaran bagi para penikmatnya lho. Ada apa saja sih yang ditampilkan dalam parade seni ini?

Parade Seni Budaya Surabaya resmi ditutup dengan pagelaran terakhirnya pada tanggal 20 Desember 2020 lalu. Acara ini sebenarnya juga merupakan salah satu upaya Pemkot Surabaya untuk memberikan wadah bagi para seniman dan budayawan yang terpaksa menunda atau memberhentikan pentasnya selama pandemi COVID-19. Beberapa rangkaian dari parade seni ini juga sudah dimulai sejak bulan September 2020 silam. Acara ini pun banyak diselenggarakan secara virtual. Bukan tanpa sebab, parade ini diharap bisa menjadi hiburan untuk para pecinta seni budaya terutama warga Surabaya meski sedang di tengah pandemi seperti sekarang. 

Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya pun mengatakan bahwa sejumlah seniman lokal telah berkolaborasi untuk membawakan penampilan yang menakjubkan. Puncak dari parade ini pun digelar secara virtual seperti biasanya. Pada pengumuman dari Disbudpar Kota Surabaya pun menuliskan, “Penutupan Parade Seni Budaya Surabaya merupakan sebuah persembahan kolaborasi ragam warna seni budaya yang dimainkan oleh seniman-seniman Surabaya dalam sebuah tampilan ‘Untukmu, Ibu Pertiwiku’,”. 

Baca Juga ARTJOG 2020 Berikan Suasana Baru Dalam Menikmati Karya Seni Saat Pandemi

Pada unggahan Instagram resmi @surabaya, mereka memberikan beberapa cuplikan puncak acara Parade Seni Budaya Surabaya ini. Dalam kolom caption tertulis. “Setelah tayang secara virtual mulai September 2020, rangkaian Parade Seni dan Budaya ditutup dengan cantik kemarin malam (20/12). Pertunjukan seni yang berjudul “Untukmu, Ibu Pertiwiku” menutup deretan pertunjukan seni dan budaya yang tayang pertama kali pada 19 September 2020 dan rutin hadir secara virtual setiap akhir pekan.”.

Tidak ketinggalan, ternyata Tri Rismaharini selaku Wali Kota Surabaya juga turut mengisi pertunjukan seni ini lho. Beliau bahkan sempat menari, membacakan puisi sampai ikut dagelan bersama dengan pengisi acara lainnya. Dalam penutupan acara ini juga ditampilkan tarian, musik, lukisan dari para seniman yang dilakukan ‘on the spot’, hingga pembacaan puisi. Bagi kamu yang ingin mengikuti kembali acara ini, kamu bisa cek kanal YouTube Bangga Surabaya ya!

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button