Acara KreatifIndustri KreatifInsightKabar KreatifKota KreatifKreatif TourismWisata Kreatif

Pemerintah Siapkan Program ‘Bangga Berwisata’ di Indonesia

Indiekraf.com – Sebagai upaya untuk memulihan sektor ekonomi pariwisata dan industri kreatif yang lain, pemerintah saat ini sedang mempersiapkan program ‘Bangga Berwisata’ di Indonesia. Hal tersebut disampaikan melalui Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves). Program tersebut terbilang cukup penting, mengingat kondisi pariwisata tanah air yang saat ini masih melemah akibat adanya pandemi Covid-19.

Adanya vaksin Covid-19 yang sebentar lagi siap untuk diedarkan ke seluruh Indonesia memberikan ‘nafas’ segar bagi dunia pariwisata tanah air. Dikutip dari kompas.com, Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Marves mengatakan bahwa program Bangga Berwisata dapat berjalan dengan baik jika pelaksanaan vaksin lancar. Oleh karena itu, program tersebut harus segera dipersiapkan dengan matang.

Baca juga Ini Strategi Sandiaga Uno Untuk Mememajukan Industri Kreatif Indonesia

“Perkiraan wisata domestik akan mengalami pemulihan satu sampai dua tahun lebih cepat dibandingkan wisata ke luar negeri. Wisata internasional akan pulih pada akhir 2022 atau awal 2023,” ujar Luhut. Ia menambahkan jika program Bangga Berwisata ini juga harus diimbangi dengan perkembangan industri kreatif seperti para produsen souvenir, sport tourism, dan UMKM yang ada di daerah wisata.”Kampanye Bangga Berwisata di Indonesia ini agar disinergikan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia,” sambung Luhut.

Dengan begitu, seluruh stakeholder diharapkan untuk bersiap dan terus melakukan simulasi protokol kesehatan dan keamanan di lokasi wisata. “Saya minta peningkatan kualitas di lima DPSP dan hal-hal kecil dibenahi agar orang tidak kapok datang ke sana. Terus meningkatkan QRIS di lima DPSP dan para pelaku usaha dompet digital. Saat ini sedang di desain suatu platform agar bisa menampung semua pembayaran digital,” ujarnya.

Baca juga Ritual Yadnya Kasada Menjadi Daya Tarik Wisatawan Mengunjungi Gunung Bromo

Dukungan untuk mempersiapkan program Bangga Indonesia juga datang dari Sandiaga Uno. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) tersebut mengungkapkan bahwa program ini dapat diselaraskan dengan program lainya yaitu Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Penggunaan tagline #DiIndonesiaAja dapat menjadi sebuah trending yang bisa digunakan kedepanya.

Bangga Berwisata dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia adalah sebuah program yang diharapkan mampu membantu mengembalikan ekonomi di sektor industri kreatif tanah air. Tentunya, program tersebut tidak akan bisa berjalan baik jika tidak ada dukungan dari masyarakat. Oleh karena itu, sudah saatnya kita ikut mendukung program tersebut untuk kebaikan bersama.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Emoh Naikkan Harga, Produsen Tempe Pilih Siasati Ukuran

Related Articles