Desain Komunikasi VisualIndustri KreatifKriyaPelaku Kreatif

Penuh Inspirasi, O’Plérou Ciptakan 300 Emoji Budaya Khas Afrika

Indiekraf.com – O’Plérou, seorang desainer asal Afrika menciptakan lebih dari 300 emoji dengan tema khas kebudayaan yang ada di Afrika.

Saat mencari gambar free stock untuk project yang bertemakan Afrika, O’Plérou ternyata menemukan banyak gambar bernuansa negatif tentang wabah penyakit dan kemiskinan yang ada di Afrika.

Dengan latar belakang tersebut, Ia ingin mengubah presepsi masyarakat tentang Afrika menjadi lebih baik.

Dikutip dari CNN, Ia mengatakan bahwa terdapat banyak media dan artikel yang hanya membahas tentang sisi buruk dari Afrika.

“I noticed that media and most articles about Africa were talking about the bad sides of the continent only. They reduced the image of it to a land in war where people are poor and hungry. These elements are true but it’s not everywhere on the continent,”

“Saya melihat bahwa banyak media dan artikel yang hanya membahas mengenai sisi buruk dari Afrika. Mereka membuat citra Afrika seolah olah hanya tentang kelaparan dan kemiskinan. Mungkin itu memang benar, namun tak semua wilayah Afrika seperti itu,” ujar O’Plérou kepada CNN.

Selama dua tahun terakhir, Ia telah merancang lebih dari 350 emoji gratis yang menggambarkan keindahan budaya Afrika dalam berbagai bentuk yang indah dan cantik.

O’Plérou belajar membuat emoji secara otodidak dengan melihat tutorial di YouTube sejak tahun 2017.

Setelah mengerti bagaimana cara membuat emoji, Ia langsung menerapkan teknik tersebut dengan membuat emoji tentang lifestyle dan kehidupan sehari-hari masyarakat di Afrika.

Karya emoji pertama yang Ia ciptakan bernama Foutou, yang merupakan makanan pokok Negara Pantai Gading yang terbuat dari tepung singkong dan pisang raja tumbuk.

Meski telah membuat lebih dari 300 emoji, O’Plérou mengaku masih akan fokus untuk membuat lebih banyak lagi karya yang menceritakan tentang sisi positive dari Afrika.

Ia juga memili rencana untuk melakukan perjalanan keliling benua untuk menemukan lebih banyak inspirasi untuk karyanya.

 

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi
[1] The student creating African emojis to change the story of Africa from poverty to beauty

[2] Gambar via Instagram @creativorian

 

Baca juga

 

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button