Opini KreatifTips Kreatif

Perbedaan Mechanical Keyboard dan Jenis Pada Umumnya

Indiekraf.com – Dewasa ini, penggunaan keyboard sebagai alat bantu mengetik ternyata semakin banyak digandrungi. Bukan hanya untuk kebutuhan belajar dan bekerja, ada pula keyboard yang tepat digunakan untuk bermain game online. Salah satu jenis yang kini sedang diminati adalah Mechanical Keyboard. Sebenarnya apa ya perbedaan mechanical keyboard dengan keyboard pada umumnya? Simak penjelasannya di bawah ini yuk!



Perbedaan Mechanical Keyboard dengan Jenis Pada Umumnya

Meski terlihat tak jauh berbeda, sebenarnya keyboard biasa dengan tipe mechanical punya perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaan mechanical keyboard dengan tipe biasanya terletak di penggunaan switch fisik aktual yang ada di bawah tombol. Hal ini ternyata berefek untuk menentukan kapan pengguna telah menekan tombol tersebut. Sedangkan pada tipe biasa, penggunaan switch tersebut menggunakan membran karet yang membuat kontak antara tombol dengan PCB. 

Perbedaan mechanical keyboard
Sumber : Instagram @keebsproject

Dengan adanya perbedaan tersebut, maka terdapat juga selisih harga yang ditawarkan. Selain soal harga, penggunaan tipe mekanis ini juga membuat pengalaman pengguna dalam mengetik dan mengoperasikannya menjadi lebih memuaskan. Sebagai pengguna keyboard harian, pastinya kamu ingin merasakan pengalaman yang menyenangkan serta kerja efektif dari barang tersebut. Tipe keyboard mekanis juga sering disebut memiliki respon yang cepat dan hasil ketikan yang lebih akurat, guys!

Alasan Kamu Harus Coba Tipe Keyboard Mekanis



Seperti yang sudah dijelaskan tadi, satu set keyboard biasa dengan tipe mekanis memiliki perbedaan dalam sensasi penggunaannya. Selain itu, ada alasan jelas mengapa tipe mekanis lebih akurat dibandingkan dengan keyboard biasa. Hal itu karena pada tipe mekanis, mereka menggunakan switch yang bisa mengirim sinyal pengetikan yang lebih efektif. Alasan lain untuk kamu mencoba keyboard mekanis adalah penggunaannya yang bisa dicustom. 

Keyboard dengan tipe tersebut biasanya tersedia dengan keycaps yang bisa ditukar. Hal ini bisa membuat pengguna merakit keyboard mereka sesuai dengan fungsi dan selera. Jika kamu menginginkan sensasi lebih dalam mengetik, tipe ini juga harus kamu coba. Alasannya karena tipe ini memiliki suara yang cukup keras dan menimbulkan rasa nyaman dalam mengetik. Sehingga bukan hanya fungsinya saja yang bisa kamu nikmati, tetapi juga sensasi dalam mengetik.

Baca Juga Daftar Motor Listrik Segway dan Perbedaannya!

Related Articles