Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifInsightOpini Kreatif

Potensi Perkembangan Podcast di Indonesia

Podcast semakin digemari oleh masyarakat Indonesia

Indiekraf.com – Podcast menjadi salah satu konten yang terus berkembang di dunia. Berbeda dengan radio, konten ini kerap memberikan pengetahuan, menghibur, dan sudut pandang baru bagi para pendengarnya.

Menurut riset PricewaterhouseCoopers via katadata.co.id mengatakan bahwa sebanyak 67% responden mengaku telah familiar dengan podcast. Survei tersebut dilakukan oleh Startup market research dan penyedia data Populix yang melibatkan lebih dari 2500 responden untuk mengetahui kepopuleran podcast di Indonesia.

Selain itu, pada riset lanjutan yang dilakukan pada tanggal 9 hingga 16 Juli 2020 menyaatakan bahwa setidaknya 71,13% masyarakat pernah mendengarkan podcast. Ini membuktikan bahwa konten tersebut semakin berkembang di Indonesia. Bahkan, melalui survei tersebut, podcast berhasil unggul dari radio sebagai konten audio yang paling diminati saat ini.

Baca juga Amar Alpabet: Kita Harus Berkolaborasi Agar Bisa ‘Survive’ di Masa Pandemi | Malang Good Works Episode 6

Jika dulu podcast hanya bisa dinikmati secara audio, kini konten tersebut sudah mulai berkembang. Banyak dari pelaku podcaster di Indonesia kini mulai memberikan unsur visual didalamnya. Ini terbukti dengan semakin banyaknya konten video podcast yang muncul di platform video seperti YouTube.

Adanya unsur visual membuat podcast tak lagi sama dengan yang biasa kita dengan melalui Spotify atau Google Podcast. Selain bisa mendengar perbincangan para podcaster dan bintang tamu, saat ini kita mampu melihat secara langsung visual wajah mereka. Tentunya ini akan memberikan dampak emosional yang lebih ketika kita menikmati konten tersebut.

Salah satu podcast yang saat ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia adalah #CLOSETHEDOOR CORBUZIER yang dikelola oleh Deddy Corbuzer. Tak jarang konten yang mereka buat selalu menjadi trending di YouTube Indonesia.

Baca juga Pertandingan Live Dewa Kipas vs Irene Sukandar di YouTube Raih 1,2 Juta View

Pada bulan Maret yang lalu, mereka bahkan sempat memecahkan rekor dimana konten pertandingan catur antara Dewa Kipas vs Irene Sukandar yang disiarkan secara live berhasil mendapatkan 1,2 juta lebih penonton. Ini merupakan angka yang sangat menajubkan.

#CLOSETHEDOOR CORBUZIER juga sering mengundang narasumber dari berbagai kalangan. Ini membuat diversifikasi konten yang mereka buat semakin luas, sehingga mampu mendapatkan audience atau penonton yang beragam.

Dikutip dari katadata.co.id, Pengamat Media Universitas Padjadjaran, Evelyn mengatkan bahwa konten yang mengangkat cerita personal membuat para pendengarnya menjadi lebih emosional. “Podcast yang mengangkat cerita personal akan jauh lebih kuat. Menghadirkan cerita yang personal itu membuat pendengar lebih dekat secara psikologis dan merasa terhubung dengan topik yang dibahas” ujarnya.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Eksplorasi Potensi Bisnis Podcast di Kalangan Milenial – Startup Katadata.co.id

Related Articles