Acara KreatifAplikasi Digital dan GameIndustri KreatifInsightPelaku KreatifReview Startup

Profil 10 Pahlawan Digital UMKM 2020 Versi KemenkopUKM

Indiekraf.com – Pahlawan Digital UMKM telah resmi mengumumkan 10 inovator dengan ide terbaik dalam memberikan solusi untuk memajukan UMKM di Indonesia. Program yang diselenggarakan oleh Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia (KemenkopUKM) tersebut selanjutnya akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi mitra strategis untuk pemerintah.

Rangkaian program Pahlawan Digital UMKM tahun 2020 memiliki beberapa agenda menarik seperti talkshow inspiratif, bootcamp,hingga sesi pitching. Adapun dewan juri yang memilih para pemenang dalam program tersebut antara lain adalah Putri Tanjung (penggagas Pahlawan Digital UMKM), Fiki Satari (Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM), dan Andry Firdiansyah (Vice President Transformation Management Office Telkomsel).

Dari 126 total pendaftar, dewan juri kemudian memilih 10 terbaik yang akan menjadi pemenang dan memperoleh hadiah yang menarik. Berikut adalah daftar pemenang Pahlawan Digital UMKM 2020:

1. Credibook

Credibook merupakan sebuah platform digital yang fokus untuk memberikan layanan pada bidang financial service. Mereka juga berusaha untuk membangun ekosistem digital antara pelanggan, pelaku UMKM, dan supplier. Dalam program ini, Credibook berhasil menjadi TOP 3 dengan posisi juara 1.

2. Chatbiz.id

Chatbiz.id adalah sebuah layanan virtual assistant yang memberikan layanan kepada UMKM untuk mengelola social commerce selama 24 jam nonstop. Platform dari Kota Kembang Bandung tersebut berhasil menempati juara 2 pada program Pahlawan Digital UMKM 2020.

3. Krealogi

Dalam program ini, Krealogi berhasil mendapatkan juara 3. Platform digital yang berbasis di Jakarta tersebut fokus untuk memberikan layanan dalam manajemen rantai pasok UMKM kriya dan fesyen, khususnya yang berada di Indonesia Timur.

4. Kopral

Kopral adalah sebuah produk yang dibangun oleh perusahaan berbasis teknologi informasi yaitu PT Kopral Indonesia Teknologi (KIT). Platform Koperasi All In One (Kopral) memiliki berbagai macam fitur seperti e-commerce, paylater, dan kolaborasi.

5. Restoku

Restoku merupakan sebuah platform yang memungkinkan warung makan kecil bisa mengelola warungnya layaknya seperti restoran. Restoku saat ini telah berhasil mendapatkan kepercayaan dari 10.000 outlet warung yang ada di Indonesia.

6. Belanjaikan.com

Platform belanjaikan.com menyediakan berbagai macam pasokan ikan segar yang berkualitas secara digital. Mereka memberikan layanan dan kemudahan bagi para konsumen untuk mendapatkan ikan segar langsung dari nelayan Indonesia. Untuk saat ini, platform tersebut hanya beroperasi di Jawa Barat dan Jakarta.

7. Femalepreneur.id

Femalepreneur Indonesia turut serta dalam memberdayakan perempuan-perempuan Indonesia agar mempunyai masa depan yang lebih baik. Platform tersebut berusaha agar negara Indonesia mempunyai perempuan-perempuan yang berkualitas unggul dan mampu bersaing secara global kedepanya.

8. Auto Pilot Store

Auto Pilot Store (APS) merupakan sebuah aplikasi kasir dan sistem manajemen usaha yang mampu dimanfaat oleh UMKM dalam menjalankan bisnisnya. Aplikasi APS memiliki berbagai macam fitur diantaranya adalah dapat menyimpan nota penjualan secara rapi dan realtime, kemudian terdapat fitur untuk go paperless melalui e-Invoice, dan masih banyak lagi.

9. Mantab.id

Foto via www.mantab.id
Foto via www.mantab.id

Mantab hadir untuk menjadikan Pedagang Keliling naik kelas. Dengan pendekatan teknologi dan manejemen bisnis profesional, saatnya pedagang keliling bisa menjadi profesi yang keren dan membanggakan anggota keluarganya. Melalui Mantab, Pedagang Keliling akan naik kelas, dihargai dan mendapatkan penghasilan yang lebih baik untuk memberikan dampak ekonomi dan sosial yang lebih besar lagi.

10. Bonsay

Di era sekarang ini, perkembangan teknologi sungguh pesat. Hampir sebagian besar masyarkat sudah berbelanja secara online, termasuk berbelanja kebutuhan dapur. Bonsay (Belanja Online Sayur) adalah sebuah platform yang menyediakan berbagai macam produk sayuran dan kebutuhan dapur yang bisa dipesan secara online.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] INILAH PARA PAHLAWAN DIGITAL UMKM 2020

Baca juga

Related Articles