Aplikasi Digital dan GameDigital KreatifFilm Animasi dan VideoIndustri KreatifKabar Kreatif

PT Telkom akan Gandeng Netflix, Hoax atau Bukan?

Indiekraf.com – Kabar mengejutkan datang dari Netflix! PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) dikabarkan menggandeng Netflix dan penyedia layanan Over The Top (OTT) lainnya untuk memberikan pelayanan terbaiknya. Benar atau hoax nih?

Venusiana R selaku Direktur Customer Service Telkom FM mengatakan bahwa perseroan terbuka untuk bekerjasama dengan segala platform. Hal ini juga untuk memberikan kualitas layanan yang terbaik untuk masyarakat terutama penggunanya. Ia juga menambahkan bahwa saat ini ada tiga cara agar layanan konten atau OTT bisa dinikmati oleh masyarakat di Tanah Air. Cara pertama dengan sambungan langsung antara operator Internet dengan penyedia OTT atau disebut juga direct peering. Cara kedua dengan Content Delivery Network (CDN). Cara ini bisa dilakukan di mana penyedia OTT menyewa CDN milik operator internet.

Baca Juga Perkara Ini, Rupanya Telkom Sentil Netflix?

Telkom Buka Blokir Netflix, Apakah Berpengaruh Dengan Dunia Perfilman Indonesia

Cara ketiga adalah dengan gateway Internet Exchange (IX) dengan menggunakan saluran bandwidth internasional milik operator internet yang bisa dilewati oleh seluruh penyedia OTT dengan peluang yang sama. Dikutip dari Bisnis.com, Venusiana memberi keterangannya terkait berita ini. “Kami berharap semua saling mendukung, masyarakat bijak dalam mengonsumsi internet, dan para penyedia konten dapat segera bekerjasama dengan operator internet untuk bisa meningkatkan layanannya kepada masyarakat,” kata Venusiana pada Senin (18/1/2021).

Venusiana sendiri menjelaskan bahwa sampai dengan akhir 2020, pelanggan IndiHome atau layanan triple play milik Telkom ini sudah berhasil melayani sekitar delapan juta pelanggan. Jumlah tersebut termasuk dengan 66 juta perangkat yang sudah terhubung langsung dengan layanan WiFI IndiHome. Bukan hanya berhasil dalam menggaet pelanggannya dengan angka yang tak sedikit, Telkom juga berhasil melakukan inovasi lain lho.

Baca Juga Jangan Launching Produk Digital Kamu Sebelum Melakukan Tes Dengan Tools Berikut

Selamat! Startup IZY Indonesia Berhasil Lolos Ke Program K-Startup Grand Challenge 2020

Sampai dengan akhir tahun 2020 silam, Telkom sudah berhasil membentangkan serat optik dengan panjang sekitar 166.343 kilometer. Pembentangan serat optik ini dikerjakan mulai dari pusat kota sampai ke pelosok desa di seluruh Indonesia.

Related Articles