Film Animasi dan VideoIndustri Kreatif

Telkom Buka Blokir Netflix, Apakah Berpengaruh Dengan Dunia Perfilman Indonesia

Indiekraf.com – Ada kabar baik bagi Anda pengguna produk dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang sebentar lagi akan bisa menikmati layanan Netflix secara legal. Kabarnya, telah ada titik terang antara kedua perusahaan tersebut setelah beberapa kali melakukan diskusi bersama.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengakui sudah ada progress dalam hal pembukaan pemblokiran tersebut.

“Kita berharap kedua belah pihak bisa mendapatkan kesepakatan.” ujar Arif.

Lalu, apakah pembukaan pemblokiran Netflix oleh Telkom memberikan pengaruh terhadap dunia perfilman di Indonesia?

Jawabanya adalah Iya!

Perlu diketahui, Telkom memiliki beberapa syarat yang harus dipatuhi oleh pihak Netflix agar bisa di “unblock” oleh Telkom, salah satu syaratnya adalah Netflix bersedia untuk memperhatikan konten lokal Indonesia.

Sebenarnya, Netflix telah berkontribusi terhadap pertumbuhan dunia perfilman di Indonesia. Salah satu buktinya adalah Netflix telah berinvestasi sebesar 1 juta dolar atau kurang lebih sebesar 13 miliar rupiah untuk mendukung pertumbuhan perfilman di Indonesia.

Investasi tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Netflix dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang dilakukan pada awal tahun 2020 lalu.

Selain itu, Netflix memiliki inisiatif untuk mengundang para aktor dan aktris film Indonesia untuk mengikuti program “Script to Screen” di Hollywood. Dalam program tersebut para peserta akan berinteraksi dengan tim kreatif Netflix serta anggota komunitas kreatif global lainnya.

Tak hanya itu, pihak Netflix kabarnya juga akan mendatangkan para profesional di bidang perfilman untuk datang ke Indonesia. Nantinya, mereka akan memberikan pelatihan seperti workshop kepada para pelaku industri kreatif yang ada di Indonesia.

Pihak Netflix merasa sangat tertarik dan bersemangat karena melihat adanya potensi besar yang dimiliki Indonesia untuk menghasilkan generasi penerus industri perfilman yang berkelas internasional.

Oleh karena itu, kita berharap dengan adanya peluang kerjasama antara PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dan Netflix bisa ikut berkontribusi untuk meningkatkan kualitas industri perfilman yang ada di Indonesia.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi:

[1] https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200609145135-37-164136/jreng-diskusi-ada-kemajuan-telkom-siap-buka-blokir-netflix

[2] https://economy.okezone.com/read/2020/01/09/320/2151180/netflix-investasi-rp13-9-miliar-untuk-perfilman-indonesia

[3] Photo by freestocks on Unsplash

 

Baca juga:

3 Film Animasi Lokal Yang Mencuri Perhatian Dalam Setahun Terakhir

Roleplay Studio, Studio Animasi Mendunia dari Malang

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button