Kota KreatifPelaku Kreatif
Trending

RUMAH MCF – Ruang Pelaku Industri Kreatif di Malang

ditulis oleh : @fikaralbaba

Indiekraf – Halo Sobat Kreatif , sering kali kita ngobrol tentang Industri kreatif tapi banyak fokus ke pelaku dan produk-produk kreatif yang diciptakan. Nah kali ini Indiekraf.com khusus ingin mengupas tentang ruang kreatif bagi pelaku industri kreatif yang ada di Kota Malang. Yup, namanya RUMAH MCF (Malang Creative Fusion) a.k.a ONO Makerspace.

RUMAH MCF – ONO MAKERSPACE ADALAH TEMPAT UNTUK MENCIPTAKAN SEMANGAT UNTUK IDE DAN KREATIVITAS MENJADI KARYA NYATA BUKAN WACANA

Rumah MCF ini tepat di Jl. Bantaran I No. 45 Kota Malang, lokasi yang sangat strategis dan mudah ditemui. Berawal dari inisiasi dari tim sinergi Malang Creative Fusion (MCF) dan didukung oleh pemilik bangunan dari keluarga alm. Bapak Asikin, bekas bangunan sekolah SMK Tumapel dan STT Malang ini disulap menjadi bangunan yang bisa digunakan oleh para pelaku industri kreatif. Rumah MCF ini baru saja diresmikan oleh PLT Walikota Malang, Bapak Sutiaji pada tanggal 11 Agustus 2018.

Peresmian Rumah MCF oleh PLT Walikota Malang

Nah, apa saja sih kegiatan yang bisa dilakukan di Rumah MCF ini ? koordinator jejaring MCF, Vicky Arief Herinadharma menuturkan, dengan adanya Rumah MCF, ia merasa yakin MCF dapat berkembang lebih besar sehingga dapat memberikan kontribusi bagi daerah. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di Rumah MCF diantaranya, diskusi dan workshop, konsultasi usaha kreatif, ruang berlatih skill seperti musik, menulis atau fotografi dan banyak hal lainnya.

Kegiatan Design Grafis vs MUSISI yang digelar oleh ADGI Malang bekerjasama dengan MCF dan MMB

Bagaimana cara menggunakan RUMAH MCF ? gampang kok ..
MCF menerapkan sistem GRATIS, KLONTANGAN dan BAGI HASIL dalam operasional Rumah MCF. Gratis dalam artian jejaring MCF bisa menggunakan untuk kegiatan yang sifatnya gratis dan non profit, termasuk ketika komunitas / pelaku tidak memiliki dana untuk melaksanakan kegiatan bisa disupport oleh MCF. Sistem klontangan menggunakan prinsip sukarela dimana tidak ada aturan atau minimal biaya yang harus dibayarkan kepada pengelola, dan bagi hasil biasanya 10-30 % dari total biaya keuntungan penggunaan atau pendaftaran untuk event.

Sistem Penggunaan Rumah MCF - ONO Makerspace

Nah , buat rekan rekan yang ingin mengadakan kegiatan yang bersifat komersial juga bisa disini. Pengelola juga menyediakan paket penyewaan termasuk untuk sewa alat dan pemesanan makanan tentunya melalui jejaring Malang Koperasi Kreatif Mbois (MKKM). Katalog atau listnya bisa didownload disini ya ..

http://bit.ly/brosurRumahMCF

Nah itu tadi review singkat dari team Indiekraf.com, semoga bermanfaat. dan silahkan bagi yang berkebutuhan mencari ruang untuk kegiatan, event, exhibition, expo, bazaar, hingga pernikahan bisa menghubungi : +62 819-9990-0900 (Dadik Wahyu).

Yuk Gengs, bersama kita majukan & kembangkan potensi Industri Kreatif di Indonesia khususnya di Malang Raya.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close