Acara KreatifIndustri KreatifKabar Kreatif

Sandiaga Uno: Kenaikan Harga BBM Subsidi Pengaruhi Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Indiekraf.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan bahwa kenaikan harga BBM khususnya jenis bersubsidi, pertalite dan solar, langsung memberikan dampak besar kepada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Hal ini karena sektor parekraf dipenuhi mobilitas manusia dan identik dengan penggunaan energi, baik bagi para pelaku maupun wisatawan.

“Kita sangat prihatin bahwa kenaikan harga BBM memiliki dampak yang sangat signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (12/9/2022), seperti dilansir dari Antara.

BACA JUGA:

Karena kenaikan harga BBM, maka bisa dipastikan tarif jasa angkutan dan barang juga merangsek naik. Hal yang sama juga dirasakan oleh industri pariwisata yang harus menaikkan harga jasa.

Kemenparekraf akan berupaya mencari solusi agar dampak kenaikan harga BBM terhadap sektor parekraf tidak terus berlarut. Hal ini terlebih dulu dilakukan evaluasi.

Di sisi lain, Sandiaga mengklaim dalam beberapa bulan terakhir adanya peningkatan kunjungan wisatawan di Indonesia terutama dari kalangan masyarakat menengah ke bawah.

“Pariwisata menjadi kebutuhan utama. Katanya perlu untuk healing, katanya harus benerin feeling, katanya sesekali perlu refreshing, tapi enggak boleh bikin kantong kering, apalagi bikin kepala pening,”tuturnya.

Related Articles