Industri KreatifInsightKuliner

Simak! 5 Kuliner Ekstrem yang ada di Indonesia, Berani Coba?

Indiekraf.com – Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki surga wisata kuliner bagi para wisatawan di dunia. Hal ini dikarenakan hampir disetiap daerah memiliki kuliner khas, termasuk pilihan kuliner ekstrem.

Jika kamu adalah seorang pecinta kuliner dan suka dengan tantangan? Maka coba tantang dirimu untuk mencicipi 5 kuliner ekstrim yang ada di bawah ini:

1. Tikus Panggang

Mendengar namanya saja mungkin bisa membuat sebagian orang langsung menghindari untuk mengonsumsinya. Namun, berbeda dengan masyarakat Manado, khususnya Suku Minahasa. Tikus Panggang atau disebut dengan Kawok adalah salah satu kuliner ekstrem yang ada di Manado. Makanan ini dibuat dengan cara memanggang daging tikus, kemudian di potong dan dimasak dengan rempah-rempah khas kuliner Minahasa.

2. Sate Kobra

Apakah kamu punya nyali untuk mencoba mengonsumsi daging ular kobra? Jika iya, maka kamu harus mencoba kuliner Sate Kobra yang satu ini. Kamu bisa menemukan berbagai olahan daging kobra di kawasan Mangga Besar, Jakarta Barat. Sate Kobra dipercaya memiliki banyak manfaat seperti mengobati wasir, gingivitis, mengurangi rasa nyeri dan masih banyak lagi.

3. Ampo

Bagi sebagian orang yang ada di Jawa, terutama di wilayag Tuban ternyata sudah menjadi hal wajar untuk mengonsumsi makanan yang terbuat dari tanah liat yaitu Ampo. Makanan ini merupakan camilan tradisional yang murni hanya menggunakan tanah liat sebagai bahan baku utamanya. Ampo mengandung berbagai macam mineral seperti kalsium, zat besi, kalium, dan zinc yang bermanfaat bagi tubuh.

4. Belalang Goreng

Bagi sebagian masyarakat yang berada di Jawa pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan satu ini. Belalang goreng sudah lama menjadi kuliner bagi masyarakat yang berada di Gunung Kidul. Hal ini dikarenakan banyaknya belalang yang ditemui di pohon jadi atau semak-semak yang tumbuh disana. Belalang yang diolah adalah belalang jenis belalang kayu yang kaya akan kandungan protein.

5. Ulat Sagu

Jenis kuliner satu ini sudah menjadi sumber protein yang lumrah dikonsumsi oleh masyarakat Papua dan Maluku. Ulat sagu merupakan larva dari kumbang merah kelapa. Kamu bisa memakannya langsung ketika masih hidup, atau dimasak terlebih dahulu. Selain memiliki sumber protein yang tinggi, ulat sagu juga memiliki bebrbagai macam manfaat seperti menaikkan stamina, mengobati malaria, dan menghambar stress oksidatif.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Baca juga

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button