Acara KreatifKabar KreatifPelaku Kreatif

Spontan! Malang Koperasi Kreatif Mbois Bergerak Bantu Warga Yang Jalani Isolasi Mandiri Di Malang Raya

Indiekraf.com-Meningkatnya kasus positif Covid-19 di wilayah Malang Raya, beberapa minggu terakhir ini hingga membuat kondisi IGD Rumah Sakit penuh, membuat banyak orang kebingungan.

Selain banyak warga yang dirawat di rumah sakit, nyatanya Tak sedikit juga warga Malang yang harus menjalani Isolasi mandiri di rumah bagi yang tidak bergejala berat.

Atas dasar itu, sekelompok warga yang menamakan diri Malang Koperasi Kreatif Mbois (MKKM) dari Malang Creatif Fusion bergerak untuk membantu mengurangi beban warga khususnya yang sedang menjalani im MKKM MCF Malangdi rumah, dengan memberikan bantuan makanan, dan juga sembako.

“Jadi gerakan ini adalah gerakan dari jejaring lintas komunitas Creatif di Malang Raya, jadi kita tergerak untuk membantu warga Malang yang menjalani Isoman, dengan mendirikan dapur umum,”ungkap Endahing Noor Suryanti ketua program.

Dapur umum yang dimaksud, bukanlah dapur umum yang biasanya terlihat di lapangan, namun dapur umum yang sesungguhnya adalah dapur dari kawan-kawan UMKM yang memiliki warung ataupun usaha rumah makan yang ada di wilayah Malang Raya.

“Jadi jangan dibayangkan dapur umumnya itu besar seperti di lapangan bola, namun dapur umum dari kawan-kawan kreatif yang memiliki usaha rumah makan ataupun catering,” tambah Yanti sapaan akrabnya.

Untuk masalah pendistribusian, Yanti mengatakan Tim MKKM Malang Creatif Fusion telah menerapkan sistem yang cukup apik, sehingga tidak membuat bingung anggota. Setiap dapur umum telah dibagi lokasi, dan ada beberapa wilayah, mulai Malang utara, timur, selatan dan juga barat.

Baca juga :

“Soal pendistribusian kami telah menerapkan sistem, ada kawan-kawan yang khusus pendistribusian, ada yang khusus di dapur umum, ada kawan yang khusus untuk mendata donasi. Jadi kita bagi posko, ada posko Malang Utara, Selatan, Timur, Barat, dan juga Malang tengah, sehingga teman-teman tidak kebingungan saat pendistribusian,”kata Yanti yang juga ketua komunitas Pelangi Nusantara.

Lebih lanjut wanita 51 tahun ini mengatakan, bahwa bantuan bagi warga yang menjalani Isolasi mandiri, tidak hanya berupa makanan siap saji, namun ada juga bantuan berupa sembako.

“Bentuk bantuan yang diberikan tak hanya makanan matang, namun juga berupa sembako, terutama yang wajib ada telur. Ada juga vitamin, namun obat-obatan tidak bisa kami berikan karena bukan kewenangan kami, kan ada juga yang minta dikasih obat,”tambah wanita asak Singosari ini.

Hingga hari ini, dapur umum Tim MKKM Malang Creatif Fusion telah membantu 30 warga yang sedang menjalani Isolasi mandiri.

Yanti berharap dengan adanya program Kemanusiaan ini banyak warga yang mendukung melalui donasi. Bagi warga Malang Raya maupun di luar Malang, bisa membantu dengan cara berdonasi melalui
BCA a/n Jesy Palupi no rek : 0111633443, atau yang ingin berdonasi sembako bisa langsung menghubungi Ibu Yanti di nomor 081-3333-06767.

Related Articles