Acara KreatifDigital KreatifIndustri KreatifInsightKabar KreatifKota KreatifMbois Media

Stasion Fest 4: Saatnya Para Pelaku Industri Digital Berkolaborasi Sambut Era Baru

Indiekraf.com – Rangkaian acara Stasion Festival 4 kembali digelar secara online dan offline pada hari Kamis (19/11) kemarin. Panitia memberikan kesempatan untuk masyakarat umum agar bisa bergabung secara gratis via online melalui aplikasi Zoom. Acara offline bertempat di Hotel Atria Kota Malang yang dihadiri oleh beberapa tamu undangan, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang sudah dibuat oleh pemerintah.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat, khususnya yang bergerak di industri kreatif seperti komunitas, media, pelaku industri, startup, co-working space, dan pemerintah daerah. Bertajuk Stasion Conference 2020 “Celebrate Digital Transformation”, seluruh peserta yang hadir secara online dan offline diajak untuk bermusyawarah bersama dalam merancang strategi transformasi digital di Malang pada tahun 2021 mendatang.

Baca juga 300 Peserta Rayakan Digital Transformation di Rangkaian Pertama Pembukaan STASION Festival 4

Kegiatan tersebut dipandu langsung oleh ketua Komunitas Startup Digital Malang Raya (Stasion), M Ziaelfikar Albaba. Setiap perwakilan dari masyarakat yang hadir memberikan sumbangsih pemikiran rencana serta kegiatan yang akan mereka lakukan di tahun depan. Semua pendapat ditampung dan dikaji bersama sebagai bahan untuk membuat timeline rencana transformasi digital di Kota Malang tahun 2021.

Acara tersebut tentunya sangat didukung oleh pemerintah daerah. Dalam hal ini, diwakili oleh Willstar Taripar H. S, S.STP, Kepala Sub Bidang Perencanaan Ekonomi dan Keuangan, Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian (Bappeda) Kota Malang. Mereka selalu mendukung keagiatan kreatif yang dibua oleh masyarakat, khususnya para penggerak industri kreatif yang ada di kota pendidikan tersebut. “Memang jujur mengapa kami terus mensupport temen-temen. Harapanya, supaya saat kita tahu di Malang dengan kondisi SDM yang banyak dan harus kita kuatkan. Itu yang harus kita support terus,” ujar Willstar.

Baca juga Sharing Update Teknologi bersama Para Expert di Stasion Festival 4

Apalagi hal tersebut berkaitan dengan pembangungan Kawasan Ekonomi Kreatif yang rencananya akan didirikan di Singosari, Kabupaten Malang. “Untuk memastikan bahwa KEK punya keterkaitan kuat dengan Malang Raya, salah satunya Kota Malang. Ini yang kami anggap menjadi sebuah pemahaman sederhana kami sebagai hilirisasi. Proses kita membangun ekosistem proses kita menguatkan SDM. Harapanya, tertampung semua di KEK,” imbuhnya.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button