Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifKabar KreatifMusik

Tak Disangka! Layanan Google Play Music akan Resmi Ditutup Tahun ini

Indiekraf.com – Bagi pengguna Android pasti telah mengenal aplikasi Google Play Music. Aplikasi yang telah dirilis dari tahun 2011 tersebut dikabarkan akan menghentikan layanannya pada akhir tahun 2020 nanti. Google Play Music merupakan aplikasi bawaan dari Google untuk Android yang berfungsi untuk menyimpan dan memutar lagu dari Google Play atau musik yang telah dimiliki oleh para penggunanya.

Baca juga Situs BLANJA.com Resmi Hentikan Layanan, Ada Apa?

Pengehentian layanan dari aplikasi tersebut akan dilakukan secara berkala. Penutupan pertama akan dilakukan pada bulan September untuk pengguna yang ada di Selandia Baru dan Afrika Selatan. Selanjutnya, seluruh layanan akan ditutup pada bulan Oktober untuk pengguna di seluruh dunia. Dilansir dari theverge.com, Google berjanji akan memberikan banyak pemberitahuan sebelum menutup aplikasi tersebut secara total. Oleh karena itu, bagi kamu yang saat ini masih menggunakan layanan Google Play Music diharapkan untuk segera mememindahkan file musik yang masih ada disana.

Langkah yang diambil oleh Google ini dilakukan karena aplikasi YouTube Music yang mereka luncurkan berjalan dengan lancar. YouTube Music nantinya akan menjadi pengganti dari layanan Google Play Music.

Baca juga Menerawang Nasib Startup Indonesia Setelah Tutupnya Blanja.com?

YouTube Music merupakan layanan streaming musik yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini memungkinkan para pengguna untuk bisa menelusuri lagu dan video musik di YouTube berdasarkan genre, daftar putar, dan fitur rekomendasi yang mereka sediakan. Kedepanya, Google akan terus fokus untuk mengembangkan layanan streaming baru ini sebagai layanan musik utama di Google. Saat ini, Google juga telah menghentikan layanan pembelian music yang ada di Play Store.

YouTube Music juga menawarkan layanan premium. Para pengguna layanan premium ini nantinya akan bisa memutar musik dengan bebas iklan dan menyimpan lagu untuk diputar secara offline. Layanan premium mengharuskan para pengguna untuk membayar biaya langganan sekitar Rp49.000 per bulannya. Namun, mereka juga memberikan promo gratis mencoba satu bulan untuk pengguna baru yang ingin mencoba aplikasi tersebut. YouTube Music saat ini juga telah terpasang secara otomatis pada Android 10.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Google Play Music will begin shutting down in September

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button