Industri KreatifInsightKabar KreatifKuliner

Terobosan! KFC Segera Produksi Nugget Berbahan Dasar Daging Buatan Laboratorium

Indiekraf.com – KFC saat ini telah mempersiapkan untuk memproduksi nugget ayam dengan bahan dasar daging buatan laboratorium pertama di dunia. Daging buatan laboratorium (Lab-Meat) atau biasa disebut cultured meat adalah daging yang dibuat dari jaringan otot dari sel induk hewan dan ditanam secara in vitro. Jaringan otot tersebut selanjutnya akan berkembang dan menghasilkan daging yang tak terbatas.

Dalam mencapai tujuannya, KFC bekerja sama dengan perusahaan 3D Bioprinting Solutions yang berpusat di Moskow untuk membuat alternatif daging ramah lingkungan. KFC akan memulai trial menggunakan lab-meat dengan membuat nugget ayam. Nugget tersebut nantinya akan dibuat dengan teknik pencetakan menggunakan sel ayam dan tumbuhan.

Baca juga Mengicip Rasa Daging Unta, Enak Gak Ya?

KFC dan 3D Bioprinting Solutions berharap bisa memproduksi nugget menggunakan lab-meat dengan tekstur dan rasa yang mirip seperti menggunakan daging ayam biasanya. Bahan-bahan seperti rempah-rempah rahasia khas kfc juga akan digunakan dalam mengembangkan nugget baru itu. Hal ini dilakukan agar tercipta rasa khas dari produk KFC.

Ini adalah solusi ramah lingkungan yang bisa mengurangi jumlah sumber daya yang dibutuhkan untuk memproduksi nugget ayam sebelumnya. Dengan cara tersebut, mereka dapat menekan 25 kali lebih sedikit jumlah emisi rumah kaca. Produk nugget baru yang menggunakan lab-meat dikabarkan akan segera dijual oleh KFC di Moscow pada akhir 2020 nanti.

Lab-meat saat ini sedang menjadi trend di dunia untuk membuat daging yang ramah lingkungan. Salah satu tujuan dari lab-meat adalah untuk memproduksi daging tanpa harus “membunuh” hewan, namun cukup dengan hanya mengambil sel jaringan ototnya saja. Selanjutnya, sel tersebut akan dikembangan di dalam laboratorium dengan treatment khusus untuk menghasilkan daging yang sempurna. Salah satu tantangan terbesar dalam mengembangkan lab-meat bukan terleletak pada rasanya, namun bagaimana daging tersebut benar-benar memiliki tekstur yang sama dengan daging pada biasanya.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] KFC to Engineer World’s First Lab-Made Chicken Nuggets

Baca juga

Tag
Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button
Close
Buka WA
Halo Sobat Kreatif ! Yuk Kolaborasi bareng indiekraf.com