Industri KreatifKuliner

Mengicip Rasa Daging Unta, Enak Gak Ya?

Kalau di Indonesia hewan untuk qurban adalah sapi, kambing dan kerbau, namun di Jazirah Arab, Unta juga digunakan untuk qurban lho

Indiekraf.com – Menyembelih hewan qurban adalah salah satu tradisi yang selalu dilakukan untuk memperingati Hari Raya Idul Adha. Di Indonesia, hewan yang biasa disembelih adalah sapi dan kambing. Namun, di sebagian negara timur tengah terdapat hewan unta yang disembelih untuk didapatkan daging segarnya.

Unta merupakan hewan yang biasa hidup di padang pasir. Hewan tersebut dapat mudah kita temukan di daerah timur tengah hingga australia. Oleh karena itu, terdapat beberapa negara yang dapat menyembelih unta untuk memperingati Hari Raya Idul Adha.

Di Indonesia, unta umumnya masih jarang untuk ditemui dan biasanya hanya dapat ditemukan di Kebun Binatang. Dengan begitu, keberadaan daging unta di Indonesia juga masih terbilang sangat langka.

Unta memiliki daging yang mengandung banyak keunggulan dibandingkan dengan daging sapi, kambing atau domba. Daging hewan ini memiliki kolesterol lebih rendah dan tinggi protein. Daging ini juga telah dipilih menjadi “Healthy Choice” oleh Australian Heart Foundation.

Baca juga Jelang Idul Adha, Ini Rekomendasi Tempat Makan Olahan Kambing di Malang!

Lalu bagaimana rasa dari daging unta?

Unta memiliki daging yang kaya akan nutrisi dan memiliki kemiripan diantara daging sapi dan kambing. Seperti daging lainya, rasa dan tekstur dari daging hewan ini tergantung dari umur, gender, dan cara memprosesnya. Di beberapa negara, hanya unta muda yang akan di komsumsi.

Rasa dari daging hewan ini seperti gabungan antara daging sapi dan kambing. Hump atau bagian punggung unta juga bisa di konsumsi. Bahkan bagian punggung tersebut memiliki harga yang paling mahal diantara bagian yang lain.

Dikutip dari video The Food Ranger, mereka mengatakan bahwa terdapat menu khusus di timur tengah yang menyajikan unta untuk acara-acara khusus atau tamu yang sangat penting. Oleh karena itu, unta juga disebut sebagai hewan yang memiliki daging spesial. “Extremely tender and Juicy!” adalah gambaran yang pas untuk menggambarkan rasa dari unta.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] You eat camel?

Baca juga

Food Startup Indonesia, Wadah Untuk Para Startup Mengembangkan Bisnis di Bidang Kuliner

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button