Tips Kreatif

Tips Produktif dan Kreatif Saat Work From Home

Indiekraf.com РBertambahnya kasus penderita Covid-19 di Indonesia saat ini masih terus bertambah. Menurut data dari lini masa KawalCOVID19.Id per tanggal 16 Mei 2020, jumlah orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai angka 17.025 jiwa. Dengan adanya situasi seperti  ini pada akhirnya menekan orang-orang untuk melakukan interaksi sosial. Para pekerja pun tidak sedikit yang memilih jalan Work From Home (WFH). Namun, WFH bukanlah solusi yang hadir tanpa kendala. Kenyamanan berada di rumah kadang menjadi jebakan untuk pekerja melakukan kewajibannya. Lalu, bagaimana cara untuk bisa tetap produktif saat WFH? Simak tips-tips berikut ini ya!

 

  • Tulis Kegiatan di Kalender

 

Sebelum memulai kegiatan bekerja, baiknya atur jadwal pekerjaanmu di Kalender. Hal itu bisa membantu kamu untuk melihat apa saja yang perlu kamu kerjakan. Selain itu, dengan menggunakan kalender bisa membuat kegiatan-kegiatanmu lebih tertata sesuai dengan tanggal. Kamu juga bisa menuliskan beberapa deadline dari kantor di tanggal-tanggal tertentu supaya pekerjaan tersebut bisa kamu selesaikan sebelum tanggal yang ditentukan.

 

  • Bangun Lebih Pagi

 

Saat kamu pergi bekerja ke kantor, kamu pasti akan bangun pagi untuk bersiap-siap. Lalu, bagaimana kalau kita bekerja di rumah? Tetaplah bangun lebih pagi. Selain bisa membantumu untuk membangun mood bekerja, kamu juga bisa melakukan kegiatan santai lainnya sebelum menuntaskan kewajiban. Workout di rumah bisa menjadi pilihan tepat untuk memulai harimu!

 

  • Menentukan Jadwal Kerja dan Istirahat

 

Meskipun kita bekerja di rumah, bukan berarti kita bisa mengabaikan jam kerja maupun jam istirahat. Sebaiknya, tentukan jadwal untuk kita bekerja serta atur jam istirahat yang cukup. Jangan sampai kamu jadi overwork selama WFH dan hindari terlalu lama merebahkan tubuh. Agar lebih simple, kamu bisa coba teknik pomodoro. Teknik ini merupakan teknik bekerja atau belajar dengan pengaturan waktu. Hal itu bisa membantu kamu berkegiatan dengan keadaan fokus dalam jangka waktu yang kamu tentukan sendiri.

 

  • Luangkan Waktu untuk Keluarga

 

Bekerja di rumah jangan sampai membuat waktumu dengan keluarga menjadi berkurang. Tetap luangkan waktu bersama keluarga meskipun hanya sekedar makan atau berbincang bersama. Jika kamu sedang merantau, untuk memangkas jarak kamu bisa berbincang via telepon dan memberikan kabar pada keluarga. Kamu juga bisa mengkomunikasikan beberapa hal pada keluarga di rumah agar tidak mengganggu saat kamu sedang bekerja, misalnya saat rapat daring atau koordinasi via video conference dengan pekerja lainnya.

Bagaimana, tips di atas cukup mudah bukan? Dimulai dari hal-hal kecil, yuk kita bangun produktifitas mulai dari diri sendiri selama Work From Home!

Penulis: Mardina Rahayu CP

Baca Juga :

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button