Selamat Datang di Indiekraf Media - Kunjungi Juga Studio Kami untuk Berkolaborasi lebih Keren :)

Menuju Indiekraf Studio
Industri KreatifInsightMbois MediaTips Kreatif

Transformasi Manik-manik: Jadi Kerajinan Tangan yang Lucu dan Kreatif

Indiekraf.com – Kerajinan manik-manik menjadi idola kaum berbagai usia. Dengan berbagai ukuran dan warna dari manik-manik, membuat kreasi darinya menjadi barang yang lucu dan menggemaskan. Asah sisi kreatifmu dengan mentransformasi manik-manik menjadi berbagai kerajinan tangan berikut!

Memangnya Kenapa dengan Manik-manik?

Manik-manik adalah bahan kerajinan tangan yang dapat digunakan dalam berbagai kesempatan. Dengan kreativitasmu, kamu bisa mentransformasi manik-manik tak hanya sebatas itu-itu saja.

Manik-manik juga mudah ditemukan, tinggal menuju toko benang atau kain, manik-manik biasanya tersedia dalam berbagai bentuk, warna, dan ukuran. Beli di e-commerce juga tak ada salahnya, tinggal masukkan keywords “manik-manik” maka kamu bisa temukan DIY kits yang bisa kamu coba buat di rumah. Selain itu harga manik-manik juga terjangkau, tak perlu biaya mahal untuk kamu bisa berkreasi tanpa batas dengan manik-manik.

Manik-manik Bisa Dibuat Kerajinan Apa Saja?

Banyak yang bisa kamu kreasikan dari bahan manik-manik, mulai dari dipadukan dengan payet sebagai hiasan pada pakaian hingga menjadi kerajinan tangan yang dapat dipakai di tubuh seperti gelang dan cincin. 

Perhiasan

Cincin manik-manik – Sumber foto: Pinterest

Pernah melihat di instagram ada cincin yang terbuat dari manik-manik kecil warna-warni? Kamu bisa buat sendiri cincin-cincin tersebut, tinggal pakai tali elastik kecil untuk merangkai dan mengikat manik-manik, kamu bisa bikin puluhan cincin untuk kamu mix and match bersama outfit-mu.  Selain cincin kamu juga bisa membuat gelang dengan kombinasi berbagai bentuk, ukuran, dan warna. Kreasikan sekreatif mungkin biar perhiasanmu nggak cuma itu-itu aja.

Gantungan Kunci

Gantungan kunci manik-manik dengan berbagai bentuk – Sumber foto: Mery Konyorah – RRI.co.id

Bosan dengan gantungan kunci boneka atau bulu-bulu? Saatnya ganti gantungan kuncimu dengan bahan manik-manik. Buat bentuk bunga, hewan, atau awan dan lainnya sebagai kombinasi gantungan kuncimu. Pakai tali elastik kecil dan ring gantungan kunci biar kreasimu bisa digunakan, ya.

Gantungan HP atau Dompet

Gantungan HP manik-manik – Sumber foto: PaDi UMKM

Akhir-akhir ini gantungan HP kembali booming. Bedanya sekarang ada gantungan HP yang terbuat dari manik-manik. Biasanya gantungan HP dari manik-manik berbentuk lingkaran agar HP dapat digantung di tangan sebagai gelang supaya tidak hilang. Kreasikan gantungan HP-mu dengan manik-manik bentuk bulat atau kupu-kupu biar semakin cantik. Pastikan ukurannya sesuai dengan lingkar tanganmu ya. Bila bosan menaruh gantungan di HP, kamu bisa ganti pasang gantungan itu di dompet atau tasmu.

Dekorasi Rumah

Dekorasi tali gorden dari manik-manik – Sumber foto: aliexpress

Manik-manik berukuran besar dan terbuat dari kayu atau plastik bisa kamu kreasikan menjadi dekorasi rumah seperti tali gorden atau sudut taplak meja. Kreasikan manik-manik dengan berbagai bentuk dengan warna senada agar gorden atau taplak mejamu tidak terlalu tabrak warna atau motif. Untuk kerajinan tangan yang ini, kamu bisa gunakan benang yang lebih besar ya supaya lebih kuat dan tidak mudah rusak.

Baca juga:

 

Ini beberapa tips lain yang bisa kamu terapkan untuk mengkreasikan manik-manik menjadi lucu dan kreatif:

1. Gunakan jarum dan benang/tali yang tepat
Pastikan jarum dan benang/tali yang kamu gunakan untuk merangkai manik-manik sesuai ukuran supaya proses merangkaimu lebih mudah. Jika manik-manikmu berukuran kecil, gunakan jarum yang kecil dan tipis. Jika kamu mau membuat gelang atau cincin, gunakan tali elastik kecil supaya perhiasan bisa melar dan menyesuaikan ukuran tubuhmu tanpa terlalu sesak dipakai.

2. Kombinasikan warna dengan bijak
Walau kreativitas cenderung tanpa batas, kamu perlu bijak memilih kombinasi warna manik-manik pada kerajinan tangan supaya lebih enak dan harmonis dilihat. Namun, jika kamu lebih suka tabrak warna atau warna-warna kontras, tak ada masalah juga.

3. Gunakan alat tambahan
Tak hanya menggunakan bahan manik-manik dan benang/tali elastik, kamu bisa gunakan tang maupun gunting untuk membantumu berkreasi. Tang bisa digunakan untuk membuka dan menutup ring kecil dalam membuat gantungan kunci supaya tanganmu tidak kesakitan.

4. Jangan takut berkreasi dengan bentuk atau motif
Jika kamu pemula, kamu bisa mencoba mengikuti pola yang sudah ada sebagai panduan. Namun, jangan takut berkreasi membuat bentuk sendiri, misal bunga yang kelopaknya asimetris atau hewan yang gendut dan lucu.

Membuat kerajinan tangan dari manik-manik bisa jadi kegiatan yang menyenangkan karena selain kamu bisa menciptakan hasil kerajinan yang lucu dan bermanfaat, kamu juga bisa buka bisnis dari sini, lho! Hasil kreasi manik-manikmu bisa kamu jual kepada teman-teman terdekatmu dengan harga terjangkau lebih dahulu. Lalu usahamu bisa kamu kembangkan dengan merambah market yang lebih luas. Tetapi, tak perlu muluk-muluk selalu untuk kegiatan bisnis, kamu bisa mulai dengan membuat projek sederhana yang kamu senangi, seperti membuat gelang atau gantungan kecil. Selamat mencoba!

Show More

Related Articles