Industri KreatifKabar KreatifKota KreatifSeni PertunjukanSeni Rupa

Wajib Catat! Ini Dia Hal Penting Yang Kalian Harus Tahu Sebelum Berwisata Ke Candi Borobudur

Indiekraf.com – Tempat wisata yang ada di Indonesia saat ini perlahan mulai bangkit kembali. Seperti yang telah diketahui, pandemi Covid-19 telah menghancurkan sektor pariwisata di seluruh dunia. Banyak pelaku pariwisata yang merugi hingga gulung tikar akibat adanya pandemi tersebut. Tempat wisata Candi Borobudur yang sempat tutup lama saat ini mulai dibuka kembali dengan mengikuti peraturan kenormalan baru yang dibuat oleh Pemerintah.

Baca juga Traveloka Raup Pendanaan 250 Juta Dollar Untuk Bangkit Dari Pandemi

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) telah melakukan simulasi penerapan protokol kesehatan dalam persiapan membuka kembali tempat wisata tersebut. Simulasi yang telah dilakukan pada tanggal 1 Juli 2020 lalu adalah langkah awal untuk mengobati rasa kerinduan masyarakat agar bisa berwisata kembali ke wisata Borobudur. Di era kenormalan baru ini telah diputuskan bahwa jumlah wisatawan di wisata Borobudur sangat dibatasi. Wisatawan yang diperbolehkan masuk hanya sekitar 1500 orang per hari atau hanya 20% dari jumlah daya tampung sebelum adanya pandemi Covid-19.

Bagi masyarakat yang ingin mengunjungi tempat wisata Borobudur, diharapkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah dibuat. Wisatawan yang ingin berkunjung dianjurkan untuk memesan tiket masuk melalui ticket.borobudurpark.com atau melakukan pembayaran non tunai saat memesan tiket langsung.

Baca juga Terungkap, Karena Hal ini Startup Airbnb Bisa Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Wisata Borobudur juga telah mempersiapkan protokol kesehatan dengan maksimal. Telah disediakan tempat cuci tangan dan disinfectant chamber yang bisa digunakan oleh parawisatawan. Para wisatawan juga diperiksa suhu tubuhnya sebelum memasuki kawasan wisata. Tak hanya itu, telah terpasang papan informasi yang mewajibkan para wisatawan untuk selalu memakai masker, cuci tangan teratur, dan tetap menjaga jarak minimal 1,5 meter.

Peraturan Mengunjungi Kawasan Wisata Candi Borobudur (Gambar via borobudurpark.com)
Peraturan Mengunjungi Kawasan Wisata Candi Borobudur (Gambar via borobudurpark.com)

Pada era kenormalan baru ini, para wisatawan tidak diperbolehkan untuk mengunjungi puncak area stupa Candi Borobudur. Mereka hanya diperbolehkan untuk mencapai pelataran candi atau zona 1 yang juga dibatasi untuk 140 wisatawan per jam.

Tak ketinggalan, beberapa desa wisata yang ada disekitar kawansan Borobudur juga berusaha bangkit dari keterpurukan akibat pandemi. Desa tersebut antara lain meliputi Desa Wanurejo, Karangrejo, Tanjungsari, Giritengah, Majaksingi, dan Candirejo. Diharapkan desa wisata tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah ada dan juga membatasi jumlah wisatawan yang datang. Di era seperti ini, peran Pemerintah Daerah sangat diperlukan untuk membantu mengatur wisata yang ada.

Penulis : Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Kenormalan Baru Desa Wisata di Sekitar Candi Borobudur. KaTa Indonesia, Vol. 06, Edisi 02 Juni – Agustus 2020. www.kotakreatif.id

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button