Acara KreatifIndustri KreatifKabar KreatifKreatif TourismWisata Kreatif

Wisata Edukasi di Bali Dapat Dorongan dari Kemenparekraf

Indiekraf.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, sempat mengunjungi Pulau Dewata beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan tersebut, dirinya mendorong adanya pengembangan wisata edukasi di Bali. Hal ini diupayakan terutama di kawasan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. 

 

Wisata Edukasi di Bali Dapat Dorongan dari Kemenparekraf

Dalam kunjungan kerja, Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menekankan pengembangan wisata kreatif. Dirinya bahkan mendorong adanya pengembangan di sektor wisata edukasi di Bali. Sandiaga menyampaikan hal ini pada kunjungannya di Museum Puri Lukisan dan Museum Marketing 3.0.

Ia menilai bahwa wisata edukasi seperti halnya kunjungan ke museum sejalan dengan arah perkembangan pariwisata Tanah Air. “Kami ingin wisata edukasi wisata berbasis budaya berkearifan lokal, dengan penekanan pada wisata berkualitas dan berkelanjutan yang akan menjadi tema utama,” tegasnya.

 

Wisata Edukasi di Bali Tak Hanya Datang dari Museum Saja

Dalam acara tersebut, hadir pula Ni Wayan Giri Adnyani sebagai Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga mengungkapkan bahwa di kawasan Bali terutama Ubud memiliki potensi besar di bidang wisata edukasi. Peluang ini tak hanya datang dari museum atau galeri seni saja, tapi juga dari desa wisata dan produk kriya yang dihasilkan.

Tak hanya itu, Sandiaga juga turut mendorong Ubud untuk menjadi destinasi work from gallery atau bagian dari work from Bali.  “Jadi nanti akan disiapkan spot-spot di galeri-galeri dan museum-museum yang tersebar di seluruh Bali untuk menyediakan kepada rekan-rekan yang sudah memutuskan untuk kembali berkegiatan di tengah-tengah alam yang sangat indah dikelilingi oleh artefak-artefak, lukisan-lukisan, serta produk-produk kriya kelas dunia. Kita harapkan work from gallery ini menjadi salah satu pilihan bagi rekan-rekan yang akan memulai work from Bali di Kuartal ketiga (2021),” jelasnya..

 

Upaya untuk Membangkirkan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bali

Adanya wacana yang ia jabarkan ini merupakan salah satu bentuk dukungan dari Pemerintah. “Jadi pemerintah akan hadir dan kementerian kami akan memastikan program kita tepat sasaran dan tepat manfaat. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” tambah Sandiaga.

 

Baca Juga Kharisma Event Nusantara: Ajang Kembalinya Event Tanah Air

Related Articles