Industri KreatifKreatif Tourism

Wisata Urban Cikini: Wajah Baru Jakarta

Indiekraf.com – Jakarta terus berusaha mengembangkan potensi tempat wisata baru di area perkotaan. Kali ini, pihak pemerintah DKI Jakarta mencoba untuk memberikan tampilan baru di daerah Cikini yang digadang akan menjadi destinasi favorit baru, khususnya bagi para pecinta wisata urban. Kayak gimana ya wisata urban Cikini ini?

Wisata Urban Cikini: Wajah Baru Jakarta

Dikutip dari USS Feed, Gumilar Ekalaya selaku Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta mengatakan bahwa wisata urban baru ini menawarkan beragam pengalaman yang bisa dinikmati oleh masyarakat. “Pariwisata Urban merupakan sebuah aktivitias pariwisata yang mengambil tempat di perkotaan dengan segala karakteristiknya. Destinasi pariwisata urban menawarkan beragam pengalaman melalui produk budaya, arsitektur, teknologi, sosial dan alam yang luas dan dimiliki suatu kota untuk liburan dan juga kegiatan bisnis,” jelasnya.

“Pengembangan pariwisata urban khususnya pada Kawasan Cikini, diharapkan dapat mendongkrak kedatangan wisatawan sehingga mampu membangkitkan kembali perekonomian pasca Pandemi COVID-19 yang hingga saat ini memberikan dampak signifikan terhadap sektor pariwisata di wilayah provinsi DKI Jakarta, baik itu terhadap pelaku usaha maupun pekerjanya.” tambah Gumilar.

Pemerintah Menggandeng JXB untuk Aktivasi Kawasan Cikini

Pihak pemerintah DKI Jakarta juga melakukan kerjasama untuk membantu kesuksesan wisata urban baru tersebut, salah satunya adalah dengan menggandeng JXB. Upaya pertama yang dilakukan adalah dengan melakukan aktivasi di kawasan Cikini dengan menyelenggarakan Media Heritage Walk. “Kami mengundang rekan media untuk dapat merasakan pengalaman berwisata di Cikini. Sehingga nanti setelah kabar baik disampaikan dan pembatasan sosial tidak lagi berlaku, Cikini dapat menjadi destinasi baru pilihan publik,” ujar Direktur Utama JXB, Novita Dewi.

Cikini terpilih sebagai daerah wisata urban baru melaui Focus Group Discussion yang melibatkan banyak pihak, seperti komunitas, stakeholders, akademis dan masyarakat. Selain telah memiliki akses transportasi yang mendukung, kawasan ini juga memiliki warisan budaya yang kuat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya komunitas seniman atau budayawan yang ada disana. Dengan adanya wisata urban baru ini diharapkan dapat memberikan alternatif liburan baru bagi masyarakat.

Baca Juga Bus Listrik Jakarta Siap Beroperasi, Fakta atau Hoax?

Related Articles