Digital KreatifFilm Animasi dan VideoIndustri KreatifKabar KreatifPelaku Kreatif

Wow! Film Ini Jadi Film Paling Dicari di Tahun 2020

Indiekraf.com – Pertengahan tahun 2020, masyarkat sempat heboh membicarkan satu film pendek yang ‘nyentrik’ banget. Yap, Tilik! Film pendek ini ternyata menjadi film paling banyak dicari di tahun 2020 ini lho.

Bukan tanpa sebab, Tilik memang sempat gempar tak hanya karena ceritanya yang unik tapi juga peran – peran dalam film tersebut. Salah satunya yang paling populer adalah karakter Bu Tejo. Datangnya sosok Bu Tejo yang sangat ‘relatable’ dan sering ditemukan di kehidupan masyarakat membuat media sosial ramai membicarakannya.

Menurut CNN Indonesia, film Tilik telah berhasil masuk ke pencarian kategori film yang paling sering dicari pada tahun ini. Hal itu tercatat juga melalui Google Indonesia, dimana Tilik menjadi keyword atau kata kunci paling banyak dicari tahun ini. Keyword tersebut juga mengalahkan salah satu drama Korea Selatan yang banyak digandrungi warganet yaitu ‘The World of The Married’.

Baca Juga Film Perempuan Tanah Jahanam Berhasil Memecahkan Rekor Sekaligus Wakili Indonesia di Oscar 2021

Tilik sendiri merupakan film karya dari Ravacana Films. Karya ini diunggah pada platform YouTube pada 17 Agustus 2020 lalu. Pada kolom deskripsi video tersebut, terdapat penjelasan mengenai proyek film tersebut. “Ravacana Films bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIY mempersembahkan sebuah film pendek berjudul Tilik.” Film ini diketahui sudah diproduksi sejak dua tahun lalu, yaitu tahun 2018.

Karya film ini cukup singkat karena hanya berdurasi sekitar 32 menit. Tilik sendiri merupakan kata dari bahasa Jawa, yang memiliki arti yaitu menjenguk orang yang sedang sakit. Isi dari film ini pun sangat menarik karena benar – benar mengangkat arti kata Tilik yang sebenarnya. Dalam ceritanya, terdapat sebuah rombongan ibu-ibu yang sedang melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan truk. Ibu-ibu ini ternyata sedang menuju rumah sakit untuk menjenguk Ibu Lurah. 

Film ini menjadi begitu menarik karena ceritanya yang sangat dekat dengan kehidupan ‘emak-emak ‘ sehari-hari. Bu Tejo yang tampaknya menjadi pemeran utama dalam cerita ini pun memiliki karakter yang cukup kuat. Karya film pendek ini tak hanya menawarkan cerita yang apik, tapi juga telah menuai beberapa prestasi lho. Tilik telah berhasil menyabet Winner Piala Maya 2018 sebagai Film pendek Terpilih. Tak hanya itu, Tilik juga berhasil menjadi Official Selection Jogja dari Netpac Asian Film Festival 2018 dan Official Selection World Cinema Amsterdam 2019. 

Related Articles