Tak Berkategori

Yuk Amati 7 Cara Sederhana Namun Sukses Berjualan Online

Ditulis oleh : Rossya Adha

Perkembangan internet yang semakin maju membuat semua orang menyambut hangat ini dengan memanfaatkan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Kemajuan internet ini benar-benar dimanfaatkan oleh para pebisnis online. Dengan memanfaatkan kemudahan internet mereka bisa melakukan kegiatan promosi yaitu dengan melakukan branding atau meningkatkan penjualan.

Lalu apa saja ya tips-tips handal sukses berjualan melalui social media.
Yuk simak :

1. Membidik Target Pasar Potensial
Apabila anda ingin memulai berjualan di social media langkah awal yang harus ditempuh adalah menentukan target pasar yang sesuai dengan target kebutuhan konsumen. Lalu biasanya cara mudahh untuk mendapatkan konsumen yang pas adalah dengan menunjukkan produk-produk yang spesifik kepada kelompok tertentu atau yang menjadi target incaran.
Buatlah grup-grup khusus untuk anda berjualan produk-produk yang akan dijual seperti : “Grosir Baju Murmer”. “Grosir Perlengkapan Dapur”, “Jual Sepatu Import Murah”, dan lain sebagainya.

2. Memancing Minat Konsumen Dari Status
Mulailah dengan menggunakan status yang attractive atau memikat pembaca. Jangan membuat status yang terlalu berlebihan sehingga pembaca sulit untuk memahami. Buatlah status yang sesuai dengan bahasa yang mudah untuk dipahami. Diharapkan jangan membuat status yang mengandung unsur SARA. Buatlah status yang berpotensi viral.

3. Jangan lupa untuk menggunakan Hastag Pada Setiap Postingan
Ikon hastag tidak boleh terlewatkan untuk kalian para pebisnis online. karena hastag ini mendapati julukan kecil-kecil cabe rawit. Hanya dengan menggunakannya saja bisa membuat banyak orang mudah untuk melakukan pencarian. Selalu gunakan hastag pada social media anda.

4. Selalu meng-update foto profil
Ada cara lain untuk berjualan di social media adalah dengan selalu memperbarui foto profile dengan berkala. Cara ini sebenarnya cukup unik karena, dengan cara ini bisa membuat konsumen atau calon konsumen untuk membuka situs account anda lalu secara otomatis akan juga melihat postingan-postingan anda. Untuk anda para pebisnis online melalui media facebook atau instagram sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi live pada aplikasi tersebut agar menarik calon konsumen.

5. Aktif merespon pelanggan dengan cepat
Berurusan dengan pelanggan melalui via online memberikan tantangan baru untuk bagi para contact person. Karena harus secepat mungkin untuk menanggapi para konsumen yang akan melakukan transaksi atau sekedar bertanya.
Karena, salah satu yang membuat konsumen kabur adalah lambatnya para contact person dalam menanggapi para konsumen. Maka dari itu selalu update tentang barang dagangan anda pada tooko online anda.

6. Membangun komunikasi Yang Baik Dengan Pelanggan
Dapat dilakukan dengan berbagai cara, bisa juga membuat seperti group chat online dagangan dengan mempunyai fasilitas khusus atau menjadi menjadi member dan sebagainya. Selalu menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka dengan bahasa yang santai namun tetap sopan. Bisa juga untuk meminta mereka memberikan feedback agar kita sebagai pelaku bisnis online juga dapat semakin berkembang dengan lebih baik.

7. Bersaing Secara Sehat.
Semakin maju zaman, semakin banyak juga yang memanfaatkan kemajuan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing para penggunanya. Bahkan untuk urusan berbisnis online pun sudah harus kita ketahui terlebih dahulu bahwa kompetitor ada dimana-mana. Dengan begini anda para pelaku bisnis online jangan minder akan persaingan tersebut, justru ini harus dimanfaatkan untuk membuat suatu inovasi yang baru agar tidak mudah tersaingi dengan yang lain. Tumbuhkan rasa percaya diri dalam diri anda dengan begitu juga akan mengalir kepada online shop yang sedang dijalani.

8. Random “Tag People”
Mungkin, cara ini sedikit membuat orang kurang nyaman. Namun, bisa jadi ini justru membawa rejeki bagi para pelaku online shop, asalkan jangan seringkali menandai orang yang sama dalam postingan kita. Cara ini juga bisa mendatangkan calon konsumen yang merasa penasaran dengan produk anda melalui random tag people.

Cara-cara diatas mungkin masih terkesan sederhana, sebagaiman para pelaku bisnis online mempunyai cara tersendiri dalam melaksanakan dan mengembangkan strategi bisnis yang sedang dijalani. Tidak perlu terlalu berlebihan, mulailah dengan cara yang paling sederhana namun bisa mendatangkan rezeki untuk bisnis online anda. Selamat Mencoba.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close