ArsitekturIndustri KreatifInsightKabar KreatifPelaku Kreatif

3 Maha Karya Arsitektur Ridwan Kamil di Luar Negeri

Indiekraf.com – Mochamad Ridwan Kamil atau yang biasa dipanggil Kang Emil adalah seorang politikus sekaligus seorang arsitek profesional Indonesia. Saat ini, Ia menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat sejak 5 September 2018 lalu. Namun, tahukah kamu jika Kang Emil memiliki karya arsitek yang diakui oleh masyarakat internasional?

Siapa sangka bahwa pria kelahiran Bandung, 4 Oktober 1971 ini memiliki maha karya arsitektur yang mendunia. Sebelum menjadi seorang politikus, Kang Emil berprofesi sebagai arsitek yang merangkap dosen di Institut Teknologi Bandung.

Kang Emil yang merupakan lulusan S2 di University of California ini telah mengerjakan berbagai macam proyek internasional. Saat masih kuliah di Amerika Serikat, Ia pernah bekerja paruh waktu di Departemen Perencanaan Kota Berkeley. Melalui pengalamanya tersebut, kini Kang Emil memiliki beberapa portfolio hasil karyannya yang mendunia.

1. Marina Bay Waterfront Master Plan

Foto via www.propertyguru.com.sg
Foto via www.propertyguru.com.sg

Kang Emil merupakan salah satu orang Indonesia yang mengerjakan proyek besar di Singapura tersebut. Kawasan ini memiliki ciri khas bangunan hotel yang di puncaknya memiliki bentuk seperti kapal persiar. Sebagai warga Indonesia, kita harus bangga karena ternyata kawasan tempat hotel itu berada merupakan rancangan dari anak bangsa.

2. Ningbo Newtown, Tiongkok

Foto via www.99.co
Foto via www.99.co

Ningbo Newtown merupakan sebuah rancangan kota modern yang dianggap sebagai salah satu kota masa depan. Kang Emil mengerjakan proyek tersebut pada tahun 2002 ketika Ia masih aktif bekerja di perusahaan arsitektur yang ada di Hongkong. Namun ternyata pembangunan proyek tersebut memerlukan banyak waktu dan baru bisa terselesaikan pada tahun 2016.

3. Beijing Finance Street

Foto via www.som.com
Foto via www.som.com

Dalam proyek ini, Ridwan Kamil ingin memberikan sentuhan hijau di pusat perkotaan yang ada di Beijing. Kawasan yang disebut juga sebagai ‘Wall Street’ baru di China ini dikerjakan oleh Kang Emil pada tahun 2003 dan selesai pada tahun 2008. Dengan adanya ruang terbuka hijau ditengahnya, Ia berharap kawasan ini bisa memberikan kedamaian bagi masyarakat yang mengunjunginya.

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] 7 Arsitektur Karya Ridwan Kamil yang Jadi Mahakarya Dunia
[2] Ridwan Kamil Wikipedia

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button