Acara KreatifIndustri KreatifKabar KreatifTelevisi dan Radio

Begini Proses Pemilihan Najwa Shihab Sebagai Wanita Paling Dikagumi di Indonesia

Indiekraf.com – Najwa Shihab berhasil mendapatkan gelar sebagai wanita paling dikagumi di Indonesia oleh lembaga YouGov. Dalam survei dengan nama Indonesia’s Most Admired 2020 YouGov tersebut, putri kedua dari Mantan Menteri Agama, Quraish Shihab ini unggul dengan presentase 18.52%. Angka tersebut didapatkan melalui survei yang telah dilakukan pada bulan Januari hingga bulan September kemarin.

Dalam survei tersebut, Najwa Shihab atau biasa dipanggil dengan Nana unggul dari beberapa tokoh besar di Indonesia. Terdapat Susi Pudjiastuti di posisi kedua dengan presentase 17,53%, Sri Mulyani dengan 9,56% di posisi ketiga, dan Tri Rismaharini dengan 8,01% diposisi keempat.

Najwa Shihab berhasil mendapatkan posisi pertama (Gambar via id.yougov.com)
Najwa Shihab berhasil mendapatkan posisi pertama (Gambar via id.yougov.com)

Baca juga 5 Rekomendasi Film Dokumenter Musisi Terbaik di Netflix

YouGov adalah sebuah komunitas online global yang merupakan tempat berkumpul bagi jutaan orang dan ribuan organisasi politik, budaya, dan swasta untuk saling memberikan pendapat mengenai kepercayaan, perilaku, dan brands. Mereka menggabungkan berbagai macam data dari para anggotanya untuk mengembangkan sebuah teknologi dan metodologi riset yang akan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih kolaboratif. Selain itu, mereka juga berusaha untuk memberikan potret yang lebih akurat tentang apa yang dipikirkan oleh dunia.

YouGov melakukan survei dengan dua tahap. Pertema, mereka membuat daftar nominasi terlebih dahulu dengan memberikan pertanyaan “Thinking about people alive in the world today, which [man or woman] do you most admire?” kepada para panelis di 42 negara. Tahap pertama ini dimulai dari bulan Januari hingga bulan Maret 2020. Seteleah itu, hasil dari tahap pertama akan menghasilkan 20 nama nominasi pria, dan 20 nama nominasi perempuan.

Setelah itu, tahap kedua adalah memberikan daftar nominasi tersebut untuk kembali melakukan polling yang diberikan kepada para panelis di 42 negara. Dalam tahap ini, YouGov memberikan 2 pertanyaan kepada panelis yaitu “who do you truly admire?” dimana mereka bisa memilih lebih dari satu nama, dan “who do you MOST admire?” dimana mereka hanya bisa memilih satu nama. Hasil polling tersebut kemudian dijadikan menjadi presentase.

Baca juga Mengulas Karya Eko Nugroho yang Terbuat dari 300 Kilogram Sampah

Najwa Shihab dalam akun instagram pribadinya mengucapkan banyak terima kasih karena telah terpilih sebagai wanita paling di kagumi di Indonesia tahun 2020. Dalam postinganya tersebut, Ia juga mengajak masyarakat untuk terus melakukan sesuatu agar bisa bisa memberikan dampak positif di sekeliling kita.

“Mari sama-sama melakukan sesuatu, agar sama-sama pula memberi dampak di sekelilingmu. Mari berani mengambil pendirian dalam banyak persoalan, sembari terus melihat, mendengar, juga membaca. Cari tahu sebanyak-banyaknya yang memang perlu, lalu lantangkan suaramu!”

Penulis: Achmad Faridul Himam

Referensi

[1] Indonesia’s Most Admired

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button