Aplikasi Digital dan GameIndustri KreatifKabar KreatifTips Kreatif

5 Aplikasi Manajemen Job Desk Terbaik di Era New Normal

Aplikasi Manajemen Job Desk atau istilah populernya Project Management Tools saat ini telah banyak dimanfaatkan oleh pelaku industri kreatif di Indonesia

Indiekraf.com – Pada era new normal seperti sekarang, Masyarakat dihimbau untuk terus melakukan kegiatan di rumah (work from home) dan social distancing atau menjaga jarak antar sesama. Hal ini tentunya membuat sebagian Masyarakat khususnya para karyawan di industri yang terbiasa melakukan kerja tim secara langsung, kini harus dilakukan secara daring atau online.

Namun, sekarang telah hadir beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengatur manajemen job desk tim Anda di era new normal seperti sekarang. Berikut adalah daftar 5 aplikasi manajemen job desk atau istilah populernya Project Management Tools terbaik saat ini:

Slack

Slack merupakan aplikasi manajemen proyek yang mendukung Anda agar bisa berkomunikasi dengan tim Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk bisa mengelompokkan anggota sesuai dengan job desc mereka sehingga Anda bisa berkomunikasi secara efektif. Slack juga memungkinkan Anda untuk melakukan video call dan tranfer document kepada tim Anda.

Trello

Trello adalah aplikasi manajemen proyek gratis yang sudah digunakan oleh jutaan orang dari seluruh dunia. Dengan aplikasi ini, Anda akan mengetahui apa yang sedang dikerjakan oleh anggota Anda dan sudah sejauh mana mereka mengerjakannya. Trello memiliki fitur Boards, Lists, dan Cards.

Zoho Project

Zoho project tidak membatasi jumlah pengguna yang Anda inginkan. Namun, untuk versi free, Zoho hanya memberikan batas hingga 10 MB untuk penyimpanan. Aplikasi ini memiliki fitur Gantt chart, Timesheets, fitur pelaporan yang rinci, dan menyediakan banyak template untuk membuat laporan.

Orangescrum

Orangescrum sangat bermanfaat untuk digunakan oleh agile software development. Aplikasi ini memiliki fitur Scrum Board dan Activity Stream yang bisa digunakan agar setiap anggota bisa fokus pada hal penting yang telah disampaikan oleh Project Manager, dan bisa mengetahui real-time informasi dari semua anggota.

Bitrix24

Bitrix24 adalah platform gratis terkemuka CRM, manajemen proyek, dan kolaborasi yang saat ini telah digunakan oleh lebih dari 4 juta organisasi di seluruh dunia. Bitrix24 memiliki penyimpanan hingga 5GB per bulan untuk versi gratisnya. Aplikasi ini menawarkan fitur Gantt chart, pilihan tugas berlapis, perencanaan beban kerja karyawan, serta pelacakan waktu dan manajemen.

Meski dilakukan secara online, terdapat beberapa tata krama yang sebaiknya Anda perhatikan, antara lain:

  • Usahakan untuk memberikan informasi secara fast respond
  • Tuliskan job desc atau apa yang sedang Anda kerjakan secara detail
  • Usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas tepat waktu
  • Berikan informasi jika terdapat kendala saat mengerjakan pekerjaan segera mungkin kepada tim Anda

Dengan menggunakan aplikasi manajemen job desc diatas akan membantu Anda dalam melakukan koordinasi atau komunikasi dengan client atau tim kerja Anda tanpa harus bertemu secara langsung. Anda bisa menjalankan new normal dengan aman dan efektif.

 

Penulis: Achmad Faridul Himam

Baca juga

Tampilkan Selanjutnya

Artikel terkait

Back to top button